Kompas.com - 20/01/2017, 16:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda pasti sudah tahu bahwa wortel dan buah serta sayur berwarna oranye dapat meningkatkan kesehatan mata. Beta-karoten, tipe vitamin A pemberi warna oranye pada makanan-makanan ini, berguna untuk membantu retina dan bagian mata yang lain berfungsi dengan baik.

Tapi, beta-karoten bukan satu-satunya nutrisi yang baik untuk mata. Ada beberapa vitamin dan mineral lainnya yang juga penting untuk indera penglihatan Anda. Inilah lima makanan sumber vitamin dan mineral itu.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Telur

Kuning telur merupakan sumber utama lutein dan zeaxanthin, plus seng. Ketiganya juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula, menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis Dougherty Laser Vision di Los Angeles.

Jeruk dan beri

Buah-buahan ini adalah sumber utama vitamin C, yang juga telah terbukti dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Kacang almond

Kacang almond sarat akan vitamin E untuk memperlambat degenerasi makula. Segenggam (satu ons) kacang almond menyediakan sekitar setengah dari total dosis harian vitamin E yang dianjurkan para ahli kesehatan.

Ikan berlemak

Tuna, salmon, makarel, tongkol adalah contoh ikan yang kaya asam lemak DHA. Retina kita mengandung DHA. Kadar DHA yang terlalu rendah dalam retina akan menyebabkan sindrom mata kering, kata Jimmy Lee, MD, direktur bedah refraktif di Montefiore Medical Center, New York.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.