Kompas.com - 25/01/2017, 12:47 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan pendengaran sejak lahir tak hanya menyebabkan hilangnya kemampuan mendengar, tetapi juga berbicara. Salah satu cara efektif untuk mengatasi gangguan pendengaran pada anak adalah dengan pemasangan implan koklea.

Pada anak dengan derajat ketulian berat yang tak lagi bisa dibantu dengan alat bantu dengar, pemasangan implan koklea direkomendasikan.

Dokter dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI Harim Priyono, SpTHT-KL (K) menjelaskan, implan koklea dipasang di telinga untuk menggantikan fungsi koklea sebagai organ pendengaran.

Koklea atau rumah siput merupakan bagian telinga yang berfungsi mengirim pesan ke saraf pendengaran dan otak. Ketika koklea bermasalah, anak pun bisa mengalami gangguan pendengaran.

"Kalau diibaratkan karaoke set, koklea fungsinya seperti mikrofon yang menangkap energi suara diubah menjadi listrik, lalu ada kabel, speaker itu ada di kepala kita atau otak," papar Harim.

Dalam pemasangan implan koklea, di bagian dalam telinga akan ditanam elektroda untuk menggantikan fungsi koklea dan di bagian luar berupa alat yang memiliki fungsi seperti mikrofon. Alat di luar dan dalam telinga itu nantinya akan bersinergi memberikan stimulus sehingga membantu memperbaiki pendengaran.

Harim mengungkapkan, pemasangan implan koklea sangat aman dilakukan pada anak-anak. Mulai usia 12 bulan, operasi implan koklea sudah bisa dilakukan. Justru semakin cepat intervensi dengan implan koklea, semakin baik pula hasilnya untuk fungsi pendengaran dan kemampuan bicara anak.

"Durasi operasi sekitar 2 sampai 3 jam per telinga. Pendarahannya jauh lebih sedikit dari operasi amandel. Lukanya di belakang telinga kira-kira 3,5-4 cm," ujar Harim.

Di RSCM sendiri sudah sekitar 90 orang yang menjalani pemasangan implan koklea.

Sementara itu, Country Manager Cochlear untuk Indonesia, Vietnam, dan Filipina, Bambang Nur Indrawan menambahkan, implan koklea diharapkan bisa berfungsi seumur hidup asalkan pemakaiannya dijaga dengan baik. Misalnya, tidak sering terbentur atau terjatuh.

Ada berbagai macam teknologi implan koklea. Harganya berkisar antara Rp150-400 juta unuk satu set implan bagian dalam maupun luar. Di samping itu, operasi pemasangan implan koklea bisa mencapai Rp 40-60 juta karena tergolong operasi khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.