Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Lovato Berolahraga 4 Jam Sehari di "Gym"

Kompas.com - 31/01/2017, 15:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Demi Lovato yang belum lama ini membuka diri soal perjuangannya mengatasi masalah makan, membenci hingga melukai diri sendiri, saat ini memprioritaskan kesehatannya. Salah satunya adalah dengan berolahraga enam hari seminggu di gym favoritnya.

"Gym adalah tempat perlindungannya," kata pelatihnya sekaligus pemilik Unbreakable Performance Center di Los Angeles, Jay Glazer.

"Demi berada di sini empat jam sehari. Di sini ia tak harus jadi bintang pop. Ia banyak bicara soal adiksi dan olahraga menjadi kecanduannya yang sehat. Ia terlihat bahagia di sini," ujar Glazer.

Video-video yang diunggah ke akun Instagram berupa olahraga beladiri merupakan olahraga serius. Tetapi apakah latihan empat jam sehari baik untuk kesehatan? Bukankah kecanduan terhadap hal yang sehat seperti olahraga juga punya efek buruk?

"Hal itu bergantung pada orang yang bersangkutan," kata Brian Schulz, MD, ahli bedah ortopedi dan spesialis kedokteran olahraga dari Kerlan-Jobe Orthopaedic Clinic di Los Angeles.

"Jelas atlet berolahraga berjam-jam sehari, karena itu pekerjaan mereka dan itu normal," jelasnya.

Tetapi atlet berbeda dengan diri kita. Pertama, tubuh mereka sangat dikondisikan sehingga dapat melakukan olahraga lebih dari orang biasa.

Kedua, mereka punya pelatih dan rencana latihan yang dipastikan tidak berlebihan dan melukai diri sendiri.

Perlu dicatat Demi Lovato tak melakukan olahraga yang sama terus menerus. Selama empat jam ia melakukan jenis-jenis gerakan berbeda, termasuk pemulihan yang menjadi kunci untuk mengatur olahraga panjang.

Kita bisa mengetahui berlebihan atau tidaknya olahraga dengan lebih memerhatikan tubuh. "Anda mungkin tidak apa-apa ketika tidak nyeri, tidak mendapatkan cedera yang menyakitkan dan mampu menjaga posisi yang baik selama berolahraga," jelasnya.

Satu tanda kita berolahraga berlebihan adalah ketika mendapatkan DOMS (delayed-onset muscle soreness, nyeri otot tertunda) beberapa hari setelah olahraga.

Ada pula sisi gelap dari latihan berlebihan: ketagihan. "Perbedaan utama antara senang olahraga dan ketagihan olahraga adalah motivasi. Jika Anda berolahraga sebagai cara mengontrol berat badan, ukuran atau penampilan, Anda punya masalah."

"Bila Anda merasa "perlu" olahraga ketika sakit, panik ketika tak ikut olahraga atau membatasi asupan makanan di saat bersamaan, Anda perlu berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com