Penggemar Minuman Kopi dan Teh Gampang Gemuk

Kompas.com - 02/02/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kopi dan teh merupakan minuman yang populer di banyak negara. Meski pada dasarnya minuman tersebut tidak mengandung kalori, penambahan pemanis membuat penggemar kopi dan teh gampang gemuk.

Peminum kopi dan teh yang sering menambahkan pemanis, baik itu gula maupun susu, akan menambah ekstra 69 kalori setiap hari.

Dibandingkan dengan peminum kopi hitam saja, penggemar kopi yang menambahkan pemanis mengalami pertambahan 69 kalori sehari, sedangkan pada peminum teh dengan gula ada tambahan 43 kalori.

Jumlah tambahan kalori itu mungkin terlihat kecil, tetapi tetap saja berdampak pada berat badan. Ini terlebih lagi jika minum lebih dari dua kali dalam sehari.

"Kebanyakan peminum kopi dan teh menambahkan pemanis berkalori untuk meningkatkan rasa minumannya, tetapi mereka tidak sadar ada implikasinya pada jumlah kalori," kata Ruopeng An, asisten profesor bidang komunitas kesehatan di Universitas Illionis.

Gula dan pemanis lain, seperti susu atau krim, merupakan zat yang paling sering ditambahkan dalam kopi. Sementara itu, peminum teh biasanya memilih gula, susu, atau pengganti gula seperti madu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X