Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggemar Minuman Kopi dan Teh Gampang Gemuk

Kompas.com - 02/02/2017, 13:00 WIB

KOMPAS.com — Kopi dan teh merupakan minuman yang populer di banyak negara. Meski pada dasarnya minuman tersebut tidak mengandung kalori, penambahan pemanis membuat penggemar kopi dan teh gampang gemuk.

Peminum kopi dan teh yang sering menambahkan pemanis, baik itu gula maupun susu, akan menambah ekstra 69 kalori setiap hari.

Dibandingkan dengan peminum kopi hitam saja, penggemar kopi yang menambahkan pemanis mengalami pertambahan 69 kalori sehari, sedangkan pada peminum teh dengan gula ada tambahan 43 kalori.

Jumlah tambahan kalori itu mungkin terlihat kecil, tetapi tetap saja berdampak pada berat badan. Ini terlebih lagi jika minum lebih dari dua kali dalam sehari.

"Kebanyakan peminum kopi dan teh menambahkan pemanis berkalori untuk meningkatkan rasa minumannya, tetapi mereka tidak sadar ada implikasinya pada jumlah kalori," kata Ruopeng An, asisten profesor bidang komunitas kesehatan di Universitas Illionis.

Gula dan pemanis lain, seperti susu atau krim, merupakan zat yang paling sering ditambahkan dalam kopi. Sementara itu, peminum teh biasanya memilih gula, susu, atau pengganti gula seperti madu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com