Kompas.com - 02/02/2017, 14:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Virus hepatitis B mudah sekali menular melalui cairan tubuh manusia seperti darah atau sperma. Namun, benda tajam seperti jarum suntik atau alat-alat salon yang tidak steril juga bisa jadi media penularan.

Hepatitis juga dapat ditularkan dari penggunaan alat cukur atau sikat gigi secara bergantian dengan orang yang terinfeksi hepatitis. Virus juga mudah disebarkan lewat jarum tato atau alat tindik.

Walau begitu, hepatitis tidak menular hanya melalui pelukan, ciuman, bersin, atau berbagi makanan dan minuman.

Hepatitis merupakan peradangan pada sel-sel hati akibat infeksi virus atau bakteri, obat-obatan, atau konsumsi alkohol. Penularan juga bisa terjadi dari ibu pada bayinya saat persalinan.

Hepatitis yang pada fase awal tak menimbulkan gejala spesifik itu muncul kapan saja dan merenggut nyawa dalam senyap. Banyak pasien hepatitis B baru berobat setelah terjadi sirosis.

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan menghindari penggunaan benda tajam secara bergantian atau memakai kondom jika melakukan hubungan seks beresiko. Walau begitu, pencegahan utama hepatitis adalah dengan vaksin. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X