Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Wanita Obesitas Berisiko Kurang Subur di Usia 30-an

Kompas.com - 03/02/2017, 16:31 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Gadis remaja dengan obesitas lebih mungkin mengalami pubertas atau menstruasi dini saat berusia 11 tahun atau lebih muda dan 80 persennya lebih mungkin untuk mengalami menurunan kesuburan pada usia 30-an.

lemak tubuh tidak sehat sejak masih anak-anak hingga remaja juga menempatkan perempuan pada risiko menopause dini, peneliti mengklaim.

“Perempuan yang mengalami pubertas dini, lima kali lebih mungkin untuk menjadi kurang subur di usia 30-an dibandingkan wanita yang memiliki pubertas normal,” tulis peneliti.

Temuan ini merupakan salah satu studi terbesar tentang pubertas dan menopause. Melibatkan lebih dari 50.000 wanita berusia 55 tahun atau lebih dari Inggris, Skandinavia, Australia dan Jepang.

Hasilnya, dalam jurnal Human Reproduction, anak perempuan yang mengalami puber di bawah 11 tahun hampir dua kali lipat berisiko menopause di usia muda. Para peneliti mengatakan, obesitas merupakan salah satu faktor terbesar di balik risiko ini.

Peneliti utama Prof Gita Mishra mengatakan bahwa penelitian telah menemukan obesitas berkaitan dengan pubertas dini.

“Studi kami menarik kesimpulan bahwa pubertas dini memiliki konsekuensi jangka panjang, yaitu ketidaksuburan di usia 30an. Dan untuk menghindari pubertas dini ini, sejak kecil perempuan sebaiknya menjaga berat badan sehat mereka.”

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com