5 Resep Rumahan untuk Menghalau Infeksi Jamur Kuku

Kompas.com - 06/02/2017, 09:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kamar mandi atau toilet umum mungkin telah memberi Anda hadiah yang tidak diinginkan; onikomikosis, atau dikenal sebagai jamur kuku.

Dimulai dengan gejala bercak putih atau kuning di bawah kuku, selanjutnya kuku Anda dapat mulai menebal dan bahkan lepas atau copot, karena jamur menembus lebih dalam dan lebih dalam.

Jamur lebih mungkin tumbuh dan bertahan di dalam kuku kaki, karena bagian kaki seringkali lembab oleh pemakaian sepatu.

Jika Anda memeriksakan diri ke dokter kulit, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan resep obat oral antijamur seperti Lamisil atau Sporanox. Keduanya diduga memiliki  efek samping mulai dari ruam kulit hingga kerusakan hati.

"Hal itu tentu tidak menyenangkan. Itu sebabnya mengapa begitu banyak orang mencari pengobatan alternatif dengan efek samping yang lebih minimal," kata Joe Graedon, M.S., seorang farmakolog di UNC Eshelman School of Pharmacy at Chapel Hill dan penulis buku The People’s Pharmacy.

Ada pengobatan topikal yang lebih baru, seperti Kerydin, tetapi obat ini juga memerlukan resep dan dapat memakan waktu hingga satu tahun untuk bekerja. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba salah satu pengobatan rumahan ini? kata Graedon.

Vicks VapoRub

Vicks VapoRub mengandung bahan antijamur seperti kamper dan minyak kayu putih, kata Graedon.

Dalam sebuah penelitian oleh Angkatan Udara AS yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine, 83 persen orang yang menggunakan kapas untuk menerapkan sejumlah kecil Vicks VapoRub ke kuku mereka yang terkena jamur, setidaknya sekali sehari, dilaporkan mengalami perbaikan, dengan hampir 20 persen pasien berhasil menyingkirkan infeksi seluruhnya.

Listerine dan Cuka Putih

Halaman:

Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X