Kompas.com - 12/02/2017, 21:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jutaan orang di dunia mengalami nyeri lutut osteoarthritis atau radang sendi. Biasanya, untuk mereka diberikan obat-obatan steroid, diminta menurunkan berat badan, tetap aktif dan jika perlu melakukan operasi.

Tapi, sebenarnya itu semua belum mencakup semua yang bisa Anda lakukan untuk meringankan derita osteoarthritis.

Ada penelitian-penelitian yang menyebutkan bahwa makanan tertentu dapat membantu meringankan nyeri lutut akibat osteoarthritis. Inilah makanan-makanan itu.

1. Makan protein kedelai

Orang-orang dengan nyeri lutut terbukti dapat berkurang rasa sakit di lututnya dan berkurang juga penggunaan obat-obatannya setelah mengonsumsi protein kedelai setiap hari selama tiga bulan, menurut penelitian Oklahoma State University.

Kedelai kaya akan isoflavon, hormon tumbuhan dengan sifat anti-inflamasi. Para relawan itu mengonsumsi minuman yang dicampur bubuk kedelai yang mengandung 40 gram protein, kata penulis studi Bahram H. Arjmandi, Ph.D.

Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dari susu kedelai, kacang edamame dan makanan berbahan dasar kedelai lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Santap buah-buahan

Dalam sebuah studi yang diikuti 293 orang dewasa di Australia, terbukti bahwa makan banyak buah dapat mengurangi risiko pengembangan lesi sumsum tulang, yang merupakan penanda memburuknya osteoartritis dan nyeri lutut.

Buah yang tergolong ramah lutut adalah yang mengandung banyak vitamin C, seperti kiwi, jeruk, mangga, jeruk dan pepaya.

3. Makan ikan

Banyak penelitian telah menemukan, bahwa ikan dan minyak ikan mengurangi nyeri dan kekakuan sendi karena rheumatoid arthritis.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat memblokir tidak hanya bahan kimia yang menyebabkan peradangan pada osteoarthritis tetapi juga melindungi tulang rawan lutut.

Makan dua porsi ikan dengan kandungan Omega-3 yang tinggi seperti makarel atau salmon setiap minggu, atau satu gram omega-3 dalam bentuk kapsul suplemen setiap hari, saran peneliti gizi Artemis P. Simopoulos, MD.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X