Kompas.com - 23/02/2017, 09:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menemukan, satu porsi mentega atau sekitar 12g mentega- satu sendok makan- sudah cukup untuk membuat risiko diabetes menjadi tinggi. Terlebih bila Anda mengonsumsinya hampir setiap hari.

Lemak jenuh yang tidak sehat dalam mentega, serta kandungan gula dalam roti dikatakan menjadi penyebab utama diabetes oleh para peneliti yang telah memantau diet dari 3.349 orang responden.

Mereka yang terlibat sebagai peserta penelitian, memang didiagnosis memiliki risiko tinggi penyakit jantung atau stroke, tetapi tidak memiliki diabetes pada awal penelitian.

Dalam jangka waktu 4,5 tahun, peserta yang rutin konsumsi roti panggang dengan mentega atau butter, 266 di antaranya mengalami diabetes tipe 2.

Tetapi, responden yang mengonsumsi sarapan yang sama, namun menjalankan diet Mediterania yang kaya buah dan sayuran, sereal gandum, minyak zaitun, serta ikan dan unggas pada waktu makan berikutnya, mengalami penurunan risiko.

Penelitian di Spanyol, yang melibatkan para ahli dari Harvard University di Amerika Serikat ini, menekankan untuk lebih banyak mengonsumsi lemak sehat, yang bersumber dari kacang-kacangan, biji-bijian, ikan maupun unggas.

Mereka tidak menyarankan untuk banyak mengonsumsi minyak yang berasal dari hewan, seperti daging merah serta butter.

Dr Marta Guasch-Ferre, salah satu pemimpin penelitian, mengatakan, "Temuan ini menekankan manfaat sehat dari diet Mediterania untuk mencegah penyakit kronis, terutama diabetes tipe 2.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.