Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2017, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Telur dadar alias omelet termasuk dalam menu sarapan yang jadi favorit. Karena ingin sehat, banyak orang yang lebih memilih membuat omelet atau pun telur orak arik dari putih telur saja.

Jika Anda ingin mengurangi kalori, lemak, dan kolesterol, maka putih telur memang menjadi pilihan yang tepat. Namun, ketahui apa saja nutrisi yang hilang jika Anda tak mengonsumsi kuning telur.

Hanya karena mengandung kolesterol dan lemak jenuh, banyak orang takut mengonsumsi kuning telur, padahal kandungan nutrisinya jauh lebih banyak dibanding putih telur yang mayoritas hanya kolin.

Di dalam kuning telur terkandung antara lain vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12, vitamin D, K, lemak omega-3 dan juga zat besi.

Untuk menjaga semua kandungan nutrisi tersebut, disarankan agar kuning telur tidak dimasak terlalu matang atau suhu tinggi dalam waktu lama. Konsumsi kuning telur mentah dianjurkan jika Anda ingin mendapatkan seluruh antioksidan di dalamnya.

Mengonsumsi telur dua butir setiap hari tergolong sehat. Namun, perlu juga dilihat sejauh mana asupan lemak jenuh Anda dari makanan lain, misalnya susu, keju, daging merah, dan juga gorengan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com