Kompas.com - 25/02/2017, 08:50 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Telur dadar alias omelet termasuk dalam menu sarapan yang jadi favorit. Karena ingin sehat, banyak orang yang lebih memilih membuat omelet atau pun telur orak arik dari putih telur saja.

Jika Anda ingin mengurangi kalori, lemak, dan kolesterol, maka putih telur memang menjadi pilihan yang tepat. Namun, ketahui apa saja nutrisi yang hilang jika Anda tak mengonsumsi kuning telur.

Hanya karena mengandung kolesterol dan lemak jenuh, banyak orang takut mengonsumsi kuning telur, padahal kandungan nutrisinya jauh lebih banyak dibanding putih telur yang mayoritas hanya kolin.

Di dalam kuning telur terkandung antara lain vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12, vitamin D, K, lemak omega-3 dan juga zat besi.

Untuk menjaga semua kandungan nutrisi tersebut, disarankan agar kuning telur tidak dimasak terlalu matang atau suhu tinggi dalam waktu lama. Konsumsi kuning telur mentah dianjurkan jika Anda ingin mendapatkan seluruh antioksidan di dalamnya.

Mengonsumsi telur dua butir setiap hari tergolong sehat. Namun, perlu juga dilihat sejauh mana asupan lemak jenuh Anda dari makanan lain, misalnya susu, keju, daging merah, dan juga gorengan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.