Suplemen Kalsium Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung pada Wanita?

Kompas.com - 26/02/2017, 20:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Lebih banyak bukti yang muncul bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium untuk mencegah kerusakan tulang, pada kenyataannya, mempertaruhkan kesehatan jantung mereka.

Tetapi, jangan anggap ini sebagai lonceng kematian meski data studi ini ditambahkan dengan studi sebelumnya, menemukan hal yang sama, dengan temuan yang sama, kata penulis studi yang dirilis secara online di BMJ April 19 ini.

"Konsensus yang ada saat ini, masih tidak memadai untuk dijadikan rekomendasi mengenai penggunaan suplemen kalsium," kata penulis senior studi Dr Ian Reid.

"Rekomendasi kami sendiri adalah secara kritis meninjau lagi penggunaan suplemen kalsium, karena data dalam makalah ini menunjukkan bahwa mereka lebih banyak bahayanya daripada manfaatnua," tambah Reid, profesor kedokteran dan endokrinologi di University of Auckland di Selandia Baru.

"Cara paling baik mengonsumsi kalsium adalah dari makanan, karena kalsium makanan belum terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung," tambah Reid.

Meta-analisis yang dilakukan oleh kelompok peneliti yang sama menemukan, 27 menjadi 31 persen peningkatan risiko serangan jantung terjadi pada wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium tanpa vitamin D.

Banyak wanita berusia senior mengonsumsi suplemen kalsium dengan atau tanpa vitamin D untuk menjaga tulang yang kuat.

Tapi penulis mengatakan, lebih dari setengah wanita dalam penelitian yang sudah mengonsumsi suplemen mereka sendiri sebelum percobaan. Hal ini mungkin mengaburkan hasil penelitian.

Dalam analisis, wanita mengonsumsi kalsium dan vitamin D sebagai bagian dari protokol penelitian, mengalami peningkatan risiko kardiovaskular, terutama serangan jantung sebesar 13-23 persen, tidak sebesar mereka yang hanya mengonsumsi kalsium tanpa vitamin D.

Argumen terhadap kalsium menjadi semakin kuat ketika peneliti menambahkan data dari 13 percobaan lain yang tidak dipublikasikan yang melibatkan hampir 30.000 wanita.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X