Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusui Bukan Cuma Urusan Ibu-ibu, Lajang Ini Jadi Ketua AIMI

Kompas.com - 03/03/2017, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Urusan menyusui dan Air Susu Ibu (ASI) memang bukan hanya menjadi perhatian ibu hamil dan baru melahirkan. Mereka yang belum punya pengalaman menyusui juga tertarik mendalami dan bahkan terjun langsung sebagai bagian dari organisasi pendukung ibu menyusui.

Nurul Jamilah (26), konselor menyusui, terpilih sebagai Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Yogyakarta periode 2017-2022. Nurul Jamilah, yang biasa disapa Nunu atau Kak Nunu, sudah bergabung di AIMI Jogja sejak tahun 2013 dan menjadi konselor menyusui pada tahun 2014.

Lajang yang akrab disapa Nunu ini tengah menempuh pendidikan master di Fakultas Psikologi ini terpilih sebagai Ketua AIMI Jogja dalam Musyawarah Provinsi I AIMI Jogja pada Minggu (26/2/2017).

Nunu menggantikan Plt Ketua AIMI Jogja 2012-2017, Antonia Sinta. Ia pun menjadi satu-satunya ketua cabang AIMI yang masih berstatus lajang.

Dok AIMI Yogyakarta Nurul Jamilah, Ketua AIMI Yogyakarta
Ia mengaku kerap sekali mendapatkan pertanyaan mengenai kiprahnya di AIMI. “Penyebab terbesar kegagalan ASI eksklusif adalah kurangnya dukungan. Selama berpikir bahwa menyusui hanya urusan ibu-ibu, hanya urusan orang yang sudah menikah, atau cuma urusan tenaga kesehatan, jangan bermimpi angka menyusui mencapai target yang diharapkan,” kata Nunu.

Nunu menekankan, tantangan keberhasilan ibu menyusui terbesar datang dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan grup pendukung ibu menyusui yang bisa menyampaikan informasi dan edukasi yang lebih membuka wawasan seputar faktor-faktor yang mendukung keberhasilan menyusui. 

Edukasi, sosialisasi, dan advokasi menyusui menjadi fokus Nunu untuk AIMI Jogja 5 tahun ke depan.

AIMI Jogja berdiri sejak 2012. Adapun, kegiatan yang dilakukan secara berkala di antaranya, Kelas Edukasi Menyusui, Kelas Edukasi MPASI, Konseling Menyusui (Home/Hospital Visit), AIMI Goes to Office, AIMI Goes to Community, Advokasi bagi Ibu Menyusui, dan Sosialisasi Menyusui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com