Kompas.com - 06/03/2017, 21:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Demi mencegah penurunan jumlah penduduk dan untuk meningkatkan tingkat kelahiran, Spanyol menunjuk seorang "kaisar seks".

Negara Eropa ini melaporkan jumlah kematian lebih tinggi dari kelahiran untuk pertama kalinya tahun lalu. Hal ini menyebabkan pemerintah bertindak.

Statistik mengungkapkan wanita Spanyol mengklaim ingin punya dua anak atau lebih. Namun, angka dari 2015 menampilkan perbedaan angka.

Mereka yang berusia 18-49 tahun dilaporkan memiliki anak 1,3 persen. Angka ini di bawah angka Uni Eropa, 1,58.

Penurunan tingkat kelahiran merupakan hal yang lazim di banyak negara Eropa. Namun, angka di Spanyol ini merupakan salah satu yang terendah di negara maju.

Sebagai respon untuk menghadapi krisis populasi itu, pemerintah Spanyol menunjuk Edelmira Barreira menjadi seorang kaisar seks.

Portfolio itu diciptakan oleh Perdana Menteri Mariano Rajoy dan Barreira yang seorang ahli demografi itu bakal membantu membuat konsep dokumen strategi nasional menghadapi ketidakseimbagan demografi tersebut.

Menteri pendidikan Spanyol mengatakan, penurunan tingkat kelahiran memperparah ketidakseimbangan ekonomi dan menciptakan dampak penting dalam kesejahteraan negara.

Menjelaskan mengapa tingkat kelahiran begitu rendah di negara Mediterania itu, Rafael Puyol dari IE Business School di Madrid mengungkapkan, masyarakat terlalu lelah setelah bekerja seharian di kantor dan menyalahkan jam kerja yang panjang dan kerja larut malam menjadi penyebab penurunan jumlah penduduk itu.

"Itu tidak membantu dengan berkeluarga. Kemudian lahirlah anak dan itu bahkan bisa menjadi lebih buruk," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.