Kompas.com - 14/03/2017, 10:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Lemak memiliki reputasi buruk, karena menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas. Namun, tidak semua lemak adalah jahat. Bahkan, menyimpan lemak sebagai cadangan energi (atau kalori)adalah salah satu dari banyak cara tubuh agar bisa berfungsi maksimal.

Energi yang tersimpan dalam lemak membantu Anda melakukan pekerjaan atau olahraga berat.

Lemak yang baik juga memainkan peran kunci dalam perkembangan otak, mencegah inflamasi dan pembekuan darah.

Bersyukurlah orang yang tubuhnya memiliki lemak baik dalam kadar mencukupi. Tapi, tidak semua seberuntung itu. Ada banyak orang yang kekurangan lemak. Orang-orang ini cenderung bertubuh kurus dengan indeks massa tubuh di bawah normal.

Bagaimana Anda tahu jika berat badan atau indeks massa tubuh Anda benar-benar di bawah normal?

Gunakan kalkulator untuk menghitung indeks massa tubuh Anda yang banyak terdapat di situs-situs kesehatan di internet.

Atau, minta bantuan dokter untuk menentukan apakah tinggi, berat badan, apa yang Anda makan dan tingkat aktivitas Anda sudah sesuai.

Penyebab berat badan rendah

Berat badan kurang dari ukuran normal standar kesehatan bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Sebelumnya penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang berpenampilan kurus, menderita masalah kesehatan yang harus ditangani.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab seseorang berberat badan rendah menurut situs kesehatan Family Doctor yang dikelola oleh American Academy of Family Physicians:

• Genetika

Jika Anda sudah berbadan 'tipis' sejak SMA dan rata-rata keluarga Anda juga demikian, kemungkinan memang Anda dilahirkan dengan metabolisme yang lebih tinggi dari orang kebanyakan. Secara alami, mungkin Anda juga memiliki nafsu makan kurang dari orang lain.

• Aktivitas fisik tinggi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.