Kompas.com - 14/03/2017, 13:10 WIB
Buah delima. ThinkstockphotosBuah delima.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Buah berwarna kemerahan dan penuh biji ini digolongkan sebagai "super food" karena manfaatnya yang banyak bagi tubuh dan kecantikan. Buah yang kaya akan antioksidan ini juga bisa membantu kita berumur lebih panjang.

Ketahui apa saja manfaat dari buah yang menduduki peringkat pertama sebagai jus buah paling sehat menurut para ahli dari UCLA, Amerika.

- Melawan obesitas
Konsumsi jus delima 8 ons setiap hari bisa mencegah kegemukan. Buah ini memberi sensasi rasa kenyang pada perut sehingga menekan keinginan ngemil. Para ahli menduga, polifenol dalam buah ini bekerja menekan keinginan makan.

- Melindungi jantung
Dalam sebuah studi diketahui, mereka yang mengonsumsi 800 miligram minyak biji delima selama 4 minggu memiliki kadar trigliserida yang rendah. Selain itu rasio antara triligliserida dan kolesterol baik juga meningkat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini juga memiliki efek melindungi jantung.

- Mencegah kanker
Menurut penelitian, fitokimia dalam delima melindungi dan memperlambat pertumbuhan berbagai tipe kanker payudara. Ini karena antioksidan dalam delima menghambat pertumbuhan estrogen yang responsif pada kanker payudara.

- Meningkatkan daya ingat
Polifenol dalam delima juga memperbaiki memori orang berusia lanjut. Pola makan yang sehat memang diketahui meringankan efek penuaan pada otak. Konsumsi jus buah delima disarankan scara teratur untuk meningkatkan kemampuan kognitif orang berusia lanjut.

- Mencegah artritis
Peradangan pada sendi atau artritis dan perburukannya bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi delima. Dalam penelitian, mereka yang diberikan ekstrak delima mengalami penurunan biomarker penyakit artritis reumatoid dan stres oksidatif. Orang yang diberi ekstrak delima dua kali sehari juga mengalami penurunan rasa nyeri, bengkak, dan sakit persendian.

- Mengatasi disfungsi ereksi
Konsumsi jus delima diketahui memperbaiki fungsi seksual pria. Dalam penelitian tahun 2007 diketahui separuh partisipan studi yang minum jus delima mengalami peningkatan kualitas ereksinya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X