Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Rasa Nyeri Saat Berhubungan Seks

Kompas.com - 02/04/2017, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan orang akan menggunakan kata "memuaskan" atau "kenikmatan" untuk mendeskrepsikan hubungan seksual. Tetapi, untuk sebagian orang, ada masa ketika penetrasi seksual bisa menyakitkan dan tidak nyaman.

Rasa sakit saat bercinta bisa disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan yang rentan dialami wanita. Tak heran jika 75 persen wanita pernah mengeluhkan sakitnya penetrasi paling tidak satu kali dalam hidupnya.

Banyaknya jumlah wanita yang merasakan sakit bercinta itu membuat sebagian wanita menganggap seks memang sudah seharusnya sakit. Di usia muda, wanita mungkin akan merasa tidak nyaman saat berhubungan seksual sehingga mereka kemudian mengira ketidanyamanan atau rasa nyeri itu adalah hal yang "normal".

Ada beberapa gangguan pada organ intim yang bisa menyebabkan vagina terasa nyeri selama berhubungan seksual, misalnya saja infeksi. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan pengobatan dokter. Karena itulah seks pada dasarnya tidak menyebabkan sakit.

Ketahui apa saja penyebab lain rasa nyeri saat berhubungan seks:

1. Produk pembersih vagina
Jangan sembarangan menggunakan pembersih organ kewanitaan. Zat-zat di dalamnya bisa menyebabkan inflamasi pada kulit di sekitar vagina sehingga terjadi iritasi saat penetrasi.

2. Infeksi
Infeksi jamur atau infeksi menular seksual akan menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan juga keluarnya cairan dari vagina yang berbau tidak sedap. Periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya sehingga pengobatannya lebih tuntas.

3. Vaginismus
Kondisi ini terjadi ketika otot-otot vagina berkontraksi tanpa disadari. Akibatnya, penetrasi jadi sangat menyakitkan, bahkan tidak mungkin dilakukan.

4. Vagina kering
Kondisi ini dapat disebabkan oleh perubahan hormonal, stres, atau obat-obatan. Terapinya tergantung pada penyebabnya.

5. Kista ovarium
Ukuran kista yang mulai membesar bisa menjadi pemicu rasa nyeri saat penetrasi, terutama saat penis mengenai kista ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com