Kompas.com - 02/04/2017, 21:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kebanyakan orang akan menggunakan kata "memuaskan" atau "kenikmatan" untuk mendeskrepsikan hubungan seksual. Tetapi, untuk sebagian orang, ada masa ketika penetrasi seksual bisa menyakitkan dan tidak nyaman.

Rasa sakit saat bercinta bisa disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan yang rentan dialami wanita. Tak heran jika 75 persen wanita pernah mengeluhkan sakitnya penetrasi paling tidak satu kali dalam hidupnya.

Banyaknya jumlah wanita yang merasakan sakit bercinta itu membuat sebagian wanita menganggap seks memang sudah seharusnya sakit. Di usia muda, wanita mungkin akan merasa tidak nyaman saat berhubungan seksual sehingga mereka kemudian mengira ketidanyamanan atau rasa nyeri itu adalah hal yang "normal".

Ada beberapa gangguan pada organ intim yang bisa menyebabkan vagina terasa nyeri selama berhubungan seksual, misalnya saja infeksi. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan pengobatan dokter. Karena itulah seks pada dasarnya tidak menyebabkan sakit.

Ketahui apa saja penyebab lain rasa nyeri saat berhubungan seks:

1. Produk pembersih vagina
Jangan sembarangan menggunakan pembersih organ kewanitaan. Zat-zat di dalamnya bisa menyebabkan inflamasi pada kulit di sekitar vagina sehingga terjadi iritasi saat penetrasi.

2. Infeksi
Infeksi jamur atau infeksi menular seksual akan menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan juga keluarnya cairan dari vagina yang berbau tidak sedap. Periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya sehingga pengobatannya lebih tuntas.

3. Vaginismus
Kondisi ini terjadi ketika otot-otot vagina berkontraksi tanpa disadari. Akibatnya, penetrasi jadi sangat menyakitkan, bahkan tidak mungkin dilakukan.

4. Vagina kering
Kondisi ini dapat disebabkan oleh perubahan hormonal, stres, atau obat-obatan. Terapinya tergantung pada penyebabnya.

5. Kista ovarium
Ukuran kista yang mulai membesar bisa menjadi pemicu rasa nyeri saat penetrasi, terutama saat penis mengenai kista ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Nyeri Dada
Nyeri Dada
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.