Bocah 7 Tahun Rawat Ayah yang Dipasung, Dokter: Inspiratif, Tapi...

Kompas.com - 22/12/2019, 12:00 WIB
Yohana Grestiara Samur (7), sedang membawa makanan bagi ayahnya yang di pasung di bagian dapur di rumah orangtuanya di Kampung Waegerek, Desa Lidi, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (17/11/2019). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR) KOMPAS.com/MARKUS MAKURYohana Grestiara Samur (7), sedang membawa makanan bagi ayahnya yang di pasung di bagian dapur di rumah orangtuanya di Kampung Waegerek, Desa Lidi, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (17/11/2019). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

KOMPAS.com – Di Desa Lidi, Kecamatan Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), terdapat seorang bocah berusia 7 tahun yang setia merawat sang ayah yang dipasung karena mengalami gangguan jiwa.

Nama anak itu yakni Yohana Grestaria Samur yang biasa dipanggil Grace.

Ia anak bungsu dari pasangan Ediburga Nalon (42) dan Selviana Jemalus (37).

Melansir dari Kompas.com (20/12/2019), bocah kelas 1 di SD Inpres Lidi itu setiap hari selalu mengantar sarapan pagi, air minum, makan siang, dan makan malam bagi ayahnya yang dipasung.

Baca juga: Kisah Bocah Usia 7 Tahun Setia Merawat Ayah yang Dipasung

Ia selalu menyediakan waktu untuk merawat sang ayah.

Ayah Grace, Ediburga mengalami gangguan jiwa sejak 2012 lalu. Ia terpaksa dipasung selama bertahun-tahun di dapur rumah orangtuanya.

Belum diketahui secara pasti alasan Ediburga dipasung.

Saat dimintai tanggapan, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr. Arif Zainudin Surakarta, dr. Adriesti Herdaetha, Sp.KJ, MH, mengapresiasi tindakan Grace maupun anggota keluarga lain yang dengan setia merawat Ediburga.

Ia menyampaikan perhatian keluarga terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sangat diperlukan.

Keluarga adalah orang-orang yang dianggap paling banyak tahu dan paling banyak memberi pengaruh pada pasien.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X