Kompas.com - 01/01/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi cemas shutterstockIlustrasi cemas

KOMPAS.com - Memikirkan sesuatu terlalu berlebihan atau overthinking ternyata berdampak buruk pada tubuh kita.

Tak hanya membuang waktu, overthinking juga bisa menguras energi hingga membuat kita terjebak dalam anxiety atau gangguan kecemasan.

Mereka yang suka memikirkan sesuatu berlebihan biasanya dihantui perasaan benar atau tidak yang sudah atau akan dilakukan.

Bukannya memikirkan solusi atau pilihan apa yang terbaik, overthinking membuat kita hanya akan terjebak dalam pikiran dan ini akan membatasi kita untuk berbuat sesuatu.

Bahaya overthinking

Melansir Psychology Today, penelitian membuktikan kebiasaan memikirkan kekurangan, kesalahan, dan masalah meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.

Orang yang suka memikirkan sesuatu berlebihan juga gampang mengalami tekanan emosi serius.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengidap overthinking biasanya mudah terjebak pada perilaku merugikan seperti konsumsi alkohol atau makan berlebihan.

Selain itu, pikiran yang terlalu aktif juga bisa membuat kita sulit tidur yang mengarah pada berbagai masalah medis yang serius.

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Punya Kebiasaan Overthinking

Mengatasi overthinking

Dihantui pikiran berlebihan membuat hidup tidak nyaman dan sulit berkembang. Oleh karena itu, kita harus segera mengatasinya.

Melansir berbagai sumber, berikut enam cara mengatasi overthinking:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X