Kompas.com - 02/01/2020, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah kawasan di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang dilanda banjir sejak Rabu (1/1/2020).

Menurut laporan BBC Indonesia, Banjir Jakarta dan daerah sekitarnya menyebabkan setidaknya 16 orang meninggal dan lebih dari 31.000 orang mengungsi.

Selain risiko tenggelam atau cedera yang mengancam nyawa, banjir juga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, demam berdarah, leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut, malaria dan tipes.

Banjir dan luapan saluran pembuangan dapat mengandung bakteri, feses, virus dan, organisme lain penyebab penyakit. Barang-barang yang hanyut serta arus air juga bisa membuat kita cedera.

Bahkan, banjir juga membuat hewan-hewan berbahaya seperti tikus an ular keluar dari sarangnya.

Baca juga: Warga yang Terkena Banjir Bisa Titipkan Hewan Peliharaan ke Animal Defenders

Daerah banjir mungkin juga berisiko bahaya kesetrum atau kebakaran akibat aliran listrik korslet. Lalu, bagaimana menjaga keselamatan dan kesehatan saat banjir melanda?

1. Jaga kebersihan

Cuci tangan sering, terutama setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan dan segera setelah kontak dengan air selokan atau benda atau permukaan yang terkontaminasi.

Pakailah pakaian pelindung dan lakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah luka dan lecet, yang dapat terinfeksi oleh kontak dengan air banjir.

Bersihkan dan disinfeksi semua luka dan pertahankan agar luka tetap tertutup. Hindari air banjir dan lumpur jika memiliki luka terbuka, terutama bagi penderita diabetes atau penyakit kronis lainnya.

2. Jangan konsumsi makanan dan air yang tercemar

Selama banjir melanda, jangan mengonsumsi air sumur karena bisa saja terkontaminasi bakteri atau virus yang terbawa dari banjir.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.