Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebas Ribet, Berikut 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Kompas.com - Diperbarui 06/01/2023, 19:25 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang berburu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang praktis dijajal di rumah. 

Seperti diketahui, bekas jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu karena dapat mengikis kepercayaan diri.

Meskipun cukup mengganggu, Anda jangan khawatir berlebihan. Dilansir dari Medical News Today, bekas jerawat tidak selamanya muncul di wajah.

Bebarapa bahan alami atau perawatan di rumah juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat lebih cepat. Simak penjelasan berikut. 

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Dilansir dari Mirror, berikut lima cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang praktis dan mudah dipraktikkan di rumah:

  • Oleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat antiperadangan dan antibakteri alami, sehingga bisa membantu mengobati jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal lidah buaya agar bekas jerawat cepat memudar, Anda cukup mengoleskan lendir lidah buaya ke bekas jerawat. Kemudian, pijat dengan lembut dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, baru bilas sampai bersih. 

Anda juga bisa menggunakan campuran satu sendok makan gel lidah buaya yang tersedia di pasaran dan dua tetes minyak esensial tea tree. Gunakan campuran tersebut di bekas jerawat. Setelah 15 menit, baru bilas dengan air dingin sampai bersih. 

  • Pakai lemon

Lemon juga termasuk bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh, termasuk bekas jerawat.

Zat aktif lemon bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sebagai bonusnya, lemon juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan lemon cukup mudah. Anda cukup mengoleskan perasan lemon ke bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, baru bilas dengan air bersih. Ulangi satu atau dua kali sehari.

Atau, Anda juga bisa menggunakan campurkan perasan lemon dan madu dalam perbandingan satu banding satu. Oleskan campuran tersebut ke bekas jerawat, tunggu selama 10 menit, baru bilas sampai bersih. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam Lebih Cepat

  • Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah sumber vitamin E dan asam lemak alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Anda bisa menggunakan bahan alami ini dengan cara mengoleskan minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke bekas jerawat. Pijat lembut dan biarkan selama satu jam, baru bilas dengan air bersih. 

Atau, gunakan campuran satu sendok makan minyak kelapa dengan beberapa tetes minyak lavender ke bekas jerawat, lalu pijat dengan lembut. Biarkan meresap kira-kira 30 menit, baru bilas dengan air hangat. 

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com