Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Minyak Bulus Bisa Bantu Perbesar Payudara?

Kompas.com - 24/01/2020, 20:33 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi orang Indonesia, minyak bulus bukan sekadar digunakan untuk pijat memijat. Minyak yang biasa dikemas dalam bentuk botol kecil ini dipercaya dapat mengencangkan dan memperbesar payudara.

Mengendurnya payudara adalah bagian dari penuaan. Namun, banyak produk yang dipasarkan sebagai obat mujarab guna membesarkan payudara, salah satunya minyak bulus.

Sebenarnya, terbuat dari apakah minya bulus? Apakah benar minyak bulus bisa memperbesar dan mengencangkan payudara?

Baca juga: Cari Tahu Penyebab Payudara Kendur

Melansir laman Cosmetic and Skin, minyak bulus berasal dari lemak dan bagian tubuh penyu yang dipanaskan di bawah terik matahari sehingga menghasilkan minyak.

Untuk mendapatkan minyak bulus, memerlukan proses panjang dan rumit karena pengolahannya masih menggunakan teknik konvensional.

Untuk mendapatkan minyak bulus, ekstrak minyak bulus harus dijemur selama satu bulan demi mendapatkan kualitas terbaik atau dimasak hingga bagian minyaknya terpisah dan bisa diambil.

Manfaat pakai minyak bulus

Melansir laman SehatQ, minyak bulus mengandung vitamin K, A, dan E. Kandungan tersebut membuat minyak tersebut sangat berguna bagi dunia kecantikan.

Tahun 1930-an, minyak bulus digunakan sebagai campuran kosmetik dan perlengkapan mandi termasuk parfum, sabun, krim wajah, pembersih, krim tangan, penumbuh bulu mata dan maskara.

Menurut laporan Hello Sehat, minyak bulus juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, menyembuhkan luka bakar, menghilangkan flek hitam dan keriput di wajah, dan menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah.

Minyak bulus juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan menjaga kelembaban wajah. Minyak ini juga dapat digunakan untuk menggobati eksim.

Dari semua manfaat tersebut, banyak orang Indonesia percaya bahwa minyak bulus bisa digunakan untuk memperbesar payudara dan organ reporduksi pria. Lantas, bagaimanakah fakta sebenarnya?

Minyak bulus untuk memperbesar payudara?

Sebenarnya, manfaat minyak bulus untuk memperbesar penis dan payudara belum terbukti secara ilmiah.

Meski begitu, memijat payudara dengan minyak apapaun, termasuk minyak bulus, memang bisa melancarkan aliran darah di jaringan payudara. Inilah yang membuat payidara kencang dan bertambah besar.

Tak hanya minyak bulus, minyak zaitun pun juga diklaim bisa memperbesar payudara. Sama halnya dengan minyak bulus, minyak zaitun juga mengandung vitamin E.

Vitamin E merupakan antioksidan inilah yang dapat menghambat radikal bebas dan mencegah penuaan kulit, termasuk mencegah payudara mengendur.

Baca juga: Ukuran Payudara Ikut Menyusut Saat Berat Badan Turun

Efek samping gunakan minyak bulus

Hingga saat ini belum ada uji klinis yang membuktikan manfaat minyak bulus untuk mengencangkan payudara.

Apalagi, seseorang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap minyak bulus.

Tanda-tanda reaksi alergi yang serius termasuk kesulitan bernapas, pembengkakan wajah dan tenggorokan, gatal-gatal dan ruam kulit.

Oleh karena itu, kita harus melakukan tes alergi sebelum menggunakannya. Tes alergi bisa dilakukan dengan mengaplikasikan sedikit minyak bulus pada bagian kulit tertentu. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya hentikan pemakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com