Kompas.com - 26/01/2020, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Penyakit kusta apabila tidak terdiagnosis hingga ditangani sedini mungkin bisa jadi menyebabkan kecacatan yang permanen pada tubuh penderita.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi siapa saja mengetahui cara mendeteksi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium leprae tersebut untuk menanggulangi kemungkinan terburuk.

Dosen Fakultas Kedokeran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, DR. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), menyebut cara mendeteksi penyakit kusta tidaklah sulit.

Baca juga: Waspada Kutil Kelamin (1): Gejalanya Kerap Tak Disadari

 

Menurut dia, para tenaga kesehatan, seperti dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lain sebagai juru kusta di puskesmas-puskesmas di Indonesia telah diberi panduan memadai untuk mendiagnosis penyakit kusta yang disebut dengan Cardinal Sign.

"Sekurang-kurangnya 1 dari ke 3 gejala yang ditemukan pada penderita sudah dapat didiagnosis sebagai kusta," jelas Pras saat diwawancara Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Berikut ini 3 gejala atau tanda penyakit kusta yang perlu dikenali oleh khalayak:

1. Lesi (kelainan kulit) yang mati rasa

Kelainan kulit dapat berupa bercak keputih-putihan atau kemerah-merahan yang mati rasa bisa terjadi secara total maupun sebagian.

Kulit yang mengalami kelainan tersebut mental akan rasa sentuh, rasa suhu, maupun rasa nyeri.

2. Penebalan saraf tepi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.