Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Buktikan Berenang Ampuh Atasi Sedih dan Kecewa, Kok Bisa?

Kompas.com - 01/02/2020, 06:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa sangka, berenang merupakan salah satu olahraga yang punya manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Tak hanya menyehatkan fisik, berenang ternyata mampu mengatasi rasa sedih dan kecewa.

Sebenarnya, kesedihan dan kekecewaan adalah hal yang normal dirasakan oleh manusia di dunia ini ketika segala sesuatu yang diharapkannya tidak berjalan semestinya.

Namun, tak jarang rasa sedih dan kecewa membuat seseorang menjadi lesu, putus asa, tak berdaya, tidak bersemangat, bahkan menarik diri dari lingkungan.

Baca juga: Efektif Bakar Lemak dengan Berenang, Yuk...

Efek sedih dan kecewa pada kesehatan

Sedih dan kecewa adalah bagian dari emosi manusia. Tapi, jika tidak dikelola dengan baik, akan mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan.

Merasa sedih dan kecewa berkepanjangan bisa mengakibatkan stress kronis. Padahal, stres kronis bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti:

  • Sakit Perut
  • Diare atau Sembelit
  • Mulas dan Refluks Asam Lambung
  • Sakit Kepala
  • Siklus menstruasi yang bermasalah
  • Gangguan seksual
  • Masalah pernapasan

Selain itu, sedih dan kekecewaan yang tak kunjung diatasi bisa menyebabkan depresi klinis dan membawa pikiran negatif yang mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Hal ini kemudian meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan kerusakan sel, seperti kanker, osteoporosis, dan sindrom iritasi usus (IBS).

Riset dalam Journal of Psychosomatic Research bahkan membuktikan bahwa orang yang suka memendam emosi - baik kecewa, sedih atau marah - mengalami peningkatan risiko kematian dini akibat penyakit jantung koroner.

Mengatasi kesedihan dan kekecewaan dengan berenang

Kabar baiknya, ada metode murah dan efektif untuk menghilangkan kekecewaan dan kesedihan dalam diri.

Melansir Hello Sehat, Aimee C. Kimball seorang psikolog sekaligus kepala pelatihan mental di Center for Sports Medicine di University of Pittsburgh Medical Center mengatakan, berenang dapat mengurangi rasa sedih, kecemasan dan depresi secara signifikan.

Lantas, bagaimana berenang bisa mengatasi kesedihan dan kekecewaan?

Melansir laman exploringyourmind, berenang dapat meningkatkan produksi endorfin dan serotonin yang memicu perasaan bahagia sehingga kesedihan dan stres akan terganti dengan rasa bahagia tersebut.

Berenang juga membantu meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak baru di bagian-bagian otak yang rusak karena stres kronis.

Baca juga: Bakar Kalori dan Bentuk Otot dengan Berenang

Oleh karena itu, berenang bisa meningkatkan kemampuan kita untuk mengatasi dan mengelola stres yang biasa muncul ketika kita mengalami sedih dan kecewa.

Studi pada tahun 2007 juga menemukan bahwa berenang dapat memberikan efek antidepresi.

Berenang juga diklaim efektif mengurangi panik dan kesedihan, karena teknik yang digunakan seperti ayunan tangan dan kaki, mengatur napas dan pengulangan dapat menjadi semacam meditasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com