Tak Hanya Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Usir Nyamuk DBD

Kompas.com - 02/02/2020, 15:03 WIB
ilustrasi marigold Shutterstockilustrasi marigold

KOMPAS.com - Salah satu cara mencegah terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah dengan pengendalikan nyamuk.

DBD adalah penyakit infeksi virus dengue yang ditularkan lewat perantara nyamuk DBD.

Virus ini menyebar lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus, yang terinfeksi virus dengue dari penderita DBD lainnya.

Baca juga: Berapa Lama Reaksi dari Gigitan Nyamuk Demam Berdarah?

Melansir buku Demam Berdarah (2007) oleh Dr Genis Ginanjar, nyamuk DBD gemar tinggal dan berbiak di genangan air bersih.

Dengan demikian, cara mencegah DBD bisa dilakukan dengan pengendalian nyamuk lewat gerakan 3M. Yakni:

  • Membersihkan lingkungan
  • Mengubur sisa barang-barang bekas
  • Menutup tempat penampungan air

Selain cara di atas, Anda juga bisa menanam tanaman cantik penghalau nyamuk pembawa DBD.

Baca juga: Ciri-ciri Nyamuk Demam Berdarah (DBD)

Melansir buku Ampuhnya Tanaman Hias bagi Kesehatan dan Kecantikan (2019) oleh Dewi Puspita, berikut beberapa tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk DBD:

1. Zodia

Tanaman jeruk-jerukan asli Papua ini sejak dulu dimanfaatkan warga setempat untuk mengusir nyamuk. Caranya dengan mengusapkannya ke sekujur tubuh.

Zodia kini banyak dijual sebagai tanaman hias di dalam pot. Saat daun-daunnya bergesekan, zodia mengeluarkan aroma khas yang mampu mengusir nyamuk.

Tak heran, di pasaran tanaman ini dikenal sebagai pohon nyamuk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X