Kanker Ginekologi (Kanker Organ Intim Wanita): Penyebab, Cara Deteksi, dan Pencegahan

Kompas.com - 07/02/2020, 16:04 WIB
Ilustrasi kanker serviks Ilustrasi kanker serviks

KOMPAS.com - Organ intim wanita memang perlu mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, sistem reproduksi wanita memiliki potensi terinfeksi virus yang bisa menyebabkan timbulnya kanker.

Kanker ginekologis adalah jenis kanker yang menyerang organ reproduksi wanita. Hal ini terjadi karena adanya pertumbuhan sel di area reporduksi yang menyebar tanpa kendali.

Kanker ginekologis yang paling umum terjadi adalah kanker endometrium, kanker ovarium dan kanker serviks. Ginekologis yang kurang umum.

Baca juga: Mengenali Berbagai Jenis Stadium Kanker

Lalu, apa penyebabnya?

Menurut data University of Michigan Comprehensive Cancer Center, kanker ginekologi disebabkan oleh terlalu banyak estrogen atau hormon kewanitaan.

Tingginya hormon estrogen biasanya disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Pada mereka yang memiliki berat badan berlebih, sel-sel lemak dalam tubuh memiliki jumlah yang terlalu tinggi. Padahal, sel-sel lemak inilah yang menghasilkan hormon estrogen.

Penyebab lain munculnya hormon estrogen adalah konsumsi obat-obatan seperti tamoxifen yang sering diresepkan untuk pengobatan kanker payudara.

Lantas, bagaimana cara mendeteksi kanker ginekologi?

Melansir laman CDC, kita harus benar-benar memperhatikan kondisi tubuh dan mengenali tanda-tanda dini adanya gejala kanker ginekologi.

Ketika vagina mengalami pendarahan yang tidak biasa, segera hubungi dokter. Pendarahan pada vagina yang terjadi di masa menopause juga segera memerlukan pemeriksaan dokter.

Ketika masa menstruasi lebih lama dari biasanya, para wanita juga harus segera mencari bantuan medis.

Menurut Yale Medicine, gejala setiap kanker ginekologi juga bervariasi tergantung pada organ yang terlibat. Oleh karena itu, butuh bantuan dokter untuk mengetahui kondisi pasti.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X