Mengenal Terapi Reiki, Pengobatan Alternatif Jepang Lewat Relaksasi

Kompas.com - 10/02/2020, 19:33 WIB
Ilustrasi Terapi Reiki Ilustrasi Terapi Reiki

KOMPAS.com - Ada banyak jenis pengobatan alternatif yang diklaim mampu menyembuhkan berbagai penyakit fisik dan psikis tanpa memerlukan obat-obatan berbahan kimia, salah satunya adalah terapi reiki.

Reiki adalah teknik pengobatan alternatif dari Jepang yang diklaim ampuh untuk mengurangi stres dan relaksasi sekaligus mendorong energi healing atau penyembuhan.

Pengobatan ala reiki dilakukan dengan meletakan telapak tangan di tubuh pasien untuk menyalurkan energi yang disebut "kekuatan hidup".

Baca juga: Bijaksana Memilih Pengobatan Alternatif untuk Kanker

Saat energi kekauatn hidup seseorang rendah, hal itu menyebabkan kita mudah sakit atau merasa stres.

Sebaliknya, kita akan mampu hidup bahagia dan sehat ketika tingkat energi kekuatan hidup dalam diri tinggi.

Istilah reiki berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, yakni "Rei" yang berarti kebijaksanaan Tuhan atau Kekauatan yang Lebih Tinggi dan "Ki" yang berarti energi kekuatan hidup.

Jadi, istilah reiki memiliki makna energi kekuatan kehidupan yang dibimbing secara spiritual. Pengobatan reiki melibatkan tubuh, emosi, pikiran dan jiwa seseorang untuk menciptakan relaksasi, perasaan damai, keamnaan dan kesejahteraan.

Yang terjadi saat sesi reiki

Melansir Medical News, sesi reiki sebaiknya dilakukan dengan suasana damai agar memberi manfaat maksimal. Pengobatan ini dilakukan dengan meminta sang pasien duduk di kursi atau berbaring dengan nyaman.

Selama sesi reiki, pasien juga bisa meminta untuk diiringi dengan musik relaksasi. Setelah itu, praktisi reiki meletakan tangan mereka di atas area tertentu, mulai dari kepala hingga kaki selama dua hingga lima menit.

Jika ada cedera tertentu, seperti luka bakar, tangan sang praktisi bisa diletakan tepat di atas luka.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X