Dokter: Tak Ada Trik Khusus Cegah Virus Corona untuk Penderita Asma

Kompas.com - 18/03/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi asma catinsyrupIlustrasi asma

KOMPAS.com – Penderita asma disinyalir termasuk kelompok masyarakat yang lebih rentan terkena penyakit karena virus, termasuk virus Corona penyebab Covid-19.

Meski demikian, mereka diimbau untuk tidak panik dalam menyikapi situasi saat ini, di mana Covid-19 telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO).

Dokter Spesialis Paru RSUD Dr. Moewardi Surakarta, dr. Jatu Aphridasari, Sp.P (K), menyampaikan tidak ada trik khusus bagi para penderita asma untuk mencegah infeksi virus Corona.

Menurut dia, apa yang harus dilakukan para penderita asma unuk mencegah serangan virus ini pada dasarnya sama dengan orang pada umumnya.

Baca juga: 4 Cara Aman Pesan Antar Makanan di Tengah Pandemi Corona

“Tidak ada trik khusus, yang penting perhatikan agar asmanya tidak kambuh,” jelas dr. Jatu saat menjadi narasumber talkshow yang disiarkan secara live di media sosial RSUD Dr. Moewardi, Rabu (18/3/2020).

Pola hidup sehat dan jaga kebersihan

dr. Jatu menjelaskan langkah pencegahan penularan virus Corona yang baik dilakukan oleh para penderita asma maupun masyarakat umum, yakni dengan menjaga pola hidup sehat, kebersihan diri serta lingkungan.

Menjaga pola hidup sehat bisa diimplementasikan dengan aktivitas:

  • Makan makanan bergizi
  • Cukup istirahat atau tidur
  • Rajin olahraga
  • Tidak merokok

Baca juga: Riset dan Ahli Ungkap Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Infeksi Virus Corona

Sementara, kebersihan diri dan lingkungan bisa diterapkan dengan:

  • Rajin mencuci tangan pakai sabun
  • Melakukan etika batuk dengan benar
  • Senantisa menggunakan pakaian yang bersih
  • Menjaga kebersihan rumah atau tempat kerja

dr. Jatu menilai, arahan pemerintah untuk melakukan social distancing atau pembatasan interaksi dengan disiplin sekarang juga sangat baik dilakukan guna mencegah penularan virus Corona.

“Bagi penderita asma akut, pertama, lakukan pencegahan terjadinya serangan virus dengan kebiasaan baik dan terapkan anjuran pengobatan yang sudah diberikan,” jelas dr. Jatu.

Baca juga: Dokter: Kasa Steril Bisa Jadi Alternatif Cegah Virus Corona Saat Masker Langka

Terkait konsumsi multivitamin dengan maksud untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dr. Jatu menilai, para penderita asma boleh saja melakukan hal itu asal tetap waspada dalam pemilihan multivitamin.

“Untuk multivitamin terserah tapi waspada juga. Lebih baik konsultasi juga dengan dokter,” kata dia.

dr. Jatu menambahkan, para penderita asma sebaiknya bisa juga menggunakan masker bedah saat berisnteraksi dengan orang lain untuk mencegah penularan virus Corona dari Wuhan, China tersebut.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X