4 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 04/04/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi kolesterol tinggi ShutterstockIlustrasi kolesterol tinggi

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

Masalah kesehatan ini bisa muncul karena faktor keturunan dan pertambahan usia.

Namun, penyebab kolesterol tinggi umumnya karena gaya hidup tak sehat seperti pola makan tidak seimbang, kurang beraktivitas, kebiasaan merokok, dan obesitas.

Orang dengan riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, hipotiroidisme, penyakit liver, dan penyakit ginjal juga rentan memiliki kadar kolesterol tinggi.

Baca juga: Kolesterol Tinggi: Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kendati cukup berbahaya bagi kesehatan, namun kadar kolesterol tinggi kerap tidak menunjukkan gejala khusus sampai timbul penyakit seperti jantung atau stroke.

Walaupun kerap tidak bisa dirasakan penderita, ada beberapa ciri-ciri kolesterol tinggi yang patut diwaspadai. Berikut beberapa di antaranya:

1. Xanthomata

Beberapa orang yang memiliki kolesterol tinggi karena faktor keturunan, biasanya muncul penumpukan kolesterol di jaringan tubuh yang disebut zanthomata.

Melansir buku Care Your Self Kolesterol (2008) oleh dr. Sri Nilawati, SpKO dkk., xanthomata bisa terlihat di kulit atau urat dekat buku jari dengan bentuk gumpalan.

Gumpalan sebesar separuh biji kacang ini juga kadang bisa dirasakan di sekitar urat yang membentang dari otot betis bagian bawah sampai ke tumit.

Xanthomata juga bisa berupa pembengkakan bulat berwarna kuning dan jingga di atas siku, atau garis jingga di telapak tangan.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X