Kompas.com - 23/04/2020, 12:01 WIB
Ilustrasi ayam panggang, kentang, dan sayuran ShutterstockIlustrasi ayam panggang, kentang, dan sayuran

KOMPAS.com – Mengonsumsi makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama kiranya diperlukan oleh umat muslim saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Hal ini dikarenakan, makanan tersebut dapat membantu siapa saja untuk menekan rasa ingin makan atau minum saat harus berpuasa seharian.

Beberapa jenis makanan yang bisa memberi kenyang juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang berniat mengurangi kegemukan demi mendapat berat badan ideal.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Timun Suri dan Blewah, Buah yang Identik dengan Bulan Puasa

Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat berguna untuk menekan hasrat lapar yang berlebihan sehingga siapa pun tidak lagi sebentar-bentar ingin makan atau ngemil.

Melansir Buku 1001 Makanan (2015) oleh Tim Naviri, keberadan makanan yang dapat memberi kenyang lebih lama benar adanya.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa mengenyangkan perut hingga lama agar seseorang tidak perlu mati-matian menahan lapar:

1. Cokelat hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam mungkin dianggap sebagai makanan yang dapat menggemukan badan. Tetapi sebenarnya, dalam 100 gram dark chocolate hanya terdapat 70 kalori.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli dari University of Copenhagen, menemukan bahwa mengonsumsi dark chocolate sebelum makan bisa membuat kita menyantap porsi makanan lebih sedikit.

Hal itu dimungkinkan karena senyawa dalam cokelat hitam dapat memperlambat proses pencernaan, dan memuat kenyang lebih lama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X