Kompas.com - 17/06/2020, 20:31 WIB

KOMPAS.com - Ketika sedang telat menstruasi, banyak perempuan yang aktif secara seksual bertanya-tanya apakah itu tanda kehamilan.

Bagi sebagaian perempuan, teruatama yang belum pernah hamil sebelumnya, tanda-tanda kehamilan bisa menjadi hal yang cukup membingungkan.

Untuk mengetahui secara pasti apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan melakukan tes kehamilan.

Baca juga: Selain Kehamilan, Ini 7 Hal Penyebab Menstruasi Terlambat

Namun, terkadang melakukan tes kehamilan menjadi hal yang cukup berat bagi sebagian perempuan. Apalagi yang sedang harap-harap cemas menunggu waktu untuk hamil.

Sedangkan tanda kehamilan sendiri seringkali samar karena mirip dengan tanda-tanda menjelang menstruasi.

Untuk itu, bagi perempuan, ada baiknya mengenali ciri-ciri kehamilan.

Sebenarnya, tanda kehamilan pada setiap perempuan berbeda. Namun, salah satu tanda kehamilan yang paling signifikan adalah tidak mengalami mesntruasi.

Merangkum dari American Pregnancy, dalam kuesioner yang disebar oleh American Pregnancy Association, 29 persen perempuan melaporkan telat haid sebagai tanda awal kehamilan mereka.

Sedangkan 25 persen perempuan menyebut mual adalah tanda pertama kehamilan yang mereka perasaan. Sementara 17 persen perempuan melaporkan perubahan payudara sebagai gejala awal kehamilan.

Inilah mengapa untuk memastikan Anda hamil atau tidak hanya bisa dilakukan dengan tes kehamilan. Meski begitu, Anda bisa mengamati apakah Anda mempunya beberapa ciri awal kehamilan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.