9 Tanaman Herbal untuk Mengobati Batuk

Kompas.com - 01/07/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi bawang putih yang diklaim menjadi obat herbal untuk corona. SHUTTERSTOCKIlustrasi bawang putih yang diklaim menjadi obat herbal untuk corona.

KOMPAS.com – Batuk adalah penyakit yang mudah menyerang saat kondisi tubuh lemah.

Beberapa penyebab batuk tersebut, di antaranya bisa karena alergi, infeksi virus atau bakteri, maupun asam lambung.

Batuk yang dialami biasanya berupa batuk berdahak atau batuk kering.

Beberapa orang memerlukan obat batuk untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan gejala penyakit tersebut.

Baca juga: 9 Tanaman Herbal untuk Mengobati Asam Urat

Namun, apabila obat kimia di apotek habis atau ingin mencoba alternatif lain, para penderita sebenarnya bisa menggunakan tanaman herbal untuk mengobati batuk yang dialami.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa pilihan tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami:

1. Jeruk nipis

Melansir Buku Tumbuhan Obat & Khasiratnya Seri 1 (2014) oleh Drs. H. Arief Hariana, beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis, di antaranya asam sitrat sebanyak 7-7,6 persen, damar lemak, mineral, vitamin B1, sitral limonene, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, dan linelin asetat.

Selain itu, jeruk nipis juga bisa mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100 g jeruk, kalsium sebanyak 40 mg/100 g jeruk, dan fosfor sebantak 22 mg.

Oleh karena kandungannya, jeruk nipis dilaporkan memiliki efek farmakologis berupa anti-demam, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan mengurangi batuk.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X