Kenapa Vaksin Influenza Penting di Masa Pandemi Corona?

Kompas.com - 09/09/2020, 20:15 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin. PixabayIlustrasi pemberian vaksin.

KOMPAS.com - Influenza atau flu adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan.

Penyakit yang disebabkan virus ini dapat menular lewat cipratan cairan dari saluran pernapasan (droplet) saat penderita batuk, bersin, dan bicara.

Influenza umumnya menimbulkan gejala seperti demam tinggi, nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, atau pilek.

Baca juga: Bagaimana Infeksi Virus Corona Bisa Picu Stroke pada Kalangan Muda?

Namun, bagi pemilik daya tahan tubuh rentan, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi pneumonia, gagal ginjal, sampai kematian.

Sejumlah otoritas kesehatan menyerukan pentingnya pemberian vaksin influenza atau dikenal dengan vaksin flu di masa pandemi Covid-19.

Kendati tidak bisa mencegah Covid-19 , namun pemberian vaksin influenza bermanfaat melindungi diri dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Baca juga: Bagaimana Dampak Stres Pandemi Corona pada Kesehatan Mental dan Fisik?

Sedia payung sebelum hujan

Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SsPD, K-AI, FINASIM menyebut, pemberian vaksin influenza penting saat pandemi Covid-19.

"Sebaiknya tetap diberikan vaksin flu. Minimal terlindungi dari influenza, jadi tidak sampai memperberat kondisi pasien," jelas Iris, saat dihubungi Kompas.com (8/9/2020) malam.

Iris menyampaikan pemberian vaksin influenza merupakan perlindungan ekstra bagi kelompok rentan, terutama yang saat terserang Covid berisiko mengalami komplikasi kesehatan serius.

"Pemberian vaksin flu ini ibarat sedia payung sebelum hujan," jelas dia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X