6 Bahaya Kesehatan yang Mengintai Orang Kesepian

Kompas.com - 19/09/2020, 09:10 WIB
Ilustrasi kesepian sevendemanIlustrasi kesepian

KOMPAS.com - Saat harus sendirian dalam waktu yang lama, banyak orang akan merasakan kesepian. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang normal.

Tapi, kesepian tidak melulu terjadi akibat sendrian. Banyak orang tetap merasa kesepian meskipun berada di antara banyak orang.

Itu karena kesepian merupakan sebuah emosi yang kompleks ketika merasa tidak diperhatikan, tidak berharga, merasa tidak terhubung dengan orang lain, sendirian, bahkan perasaan tidak dicintai.

Baca juga: Waspada, Bahaya Kesepian yang Tak Bisa Dianggap Sepele

Kondisi ini dapat diartikan sebagai perasaan terpisah dari orang lain atau keadaan pikiran sendirian.

Kesepian memang merupakan hal yang normal. Namun ketika ini dirasakan terus menerus dapat menjadi masalah mental yang kronis.

Apalagi selama enam bulan terakhir, kita merasakan pembatasan sosial akibat Covid-19 yang tidak jarang membuat orang merasa tidak terhubung dengan orang lain dan sendirian.

Ya, saat pembatasan sosial atau social distancing, kita makin membatasi gerak sosial sehingga jarang bertemu dengan teman, kawan, bahkan kerabat.

Dalam hal ini, sangat mungkin banyak orang menjadi measa kesepian.

Kabar buruknya, jika kondisi ini terus berlarut-larut dalam menjadi kronis.

Tak hanya buruk bagi kesehatan mental, kesepian kronis juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X