Mengenal Mindfulness dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Kompas.com - 10/10/2020, 10:35 WIB
ilustrasi mindfulness di kantor Shutterstockilustrasi mindfulness di kantor

KOMPAS.com - Praktik mindfulness sedang menjadi topik perbincangan populer akhir-akhir ini.

Banyak praktisi kesehatan dan spiritual menggaungkan manfaat mindfulness yang digadang-gadang baik untuk fisik dan mental kita.

Sebenarnya, apa itu mindfulness dan manfaatnya?

Mindfulness merupakan praktik untuk fokus pada saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi. Cara ini diklaim dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.

Mindfulness telah ada sejak lebih dari 2.500 tahun lalu dan menjadi bagian dari terapi psikologi sejak 1970an.

Praktik ini terbukti dapat mengurangi stres, meningkatkan kreativitas, memori, dan konsentrasi.

Itu sebabnya, mindfulness dipercaya dapat mengelola gejala depresi, kecemasan, nyeri krosis, keinginan bunuh diri, pemulihan kecanduan, dan gangguan makan.

Baca juga: Mereka yang Menang dari Anxiety dan Depresi Berkat Pola Makan Sehat

Praktik mindfulness tidak akan kaitannya dengan agama atau mistik. Hal ini memang menjadi bagian dari latihan spiritual namun bisa digunakan oleh siapapun.

Untuk melakukannya, hal yang perlu kita lakukan adalah membiarkan pikiran serta perasaan datang dan pergi tanpa menghakimi.

Namun yang perlu diperhatikan, mindfulness bukanlah jalan pintas untuk mengatasi gangguan mental atau meraih kebahagiaan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X