11 Cara Mengatasi Sakit Punggung Secara Alami dan dengan Bantuan Obat

Kompas.com - 20/11/2020, 06:07 WIB
Ilustrasi sakit punggung karena mengangkat barang AntonioGuillemIlustrasi sakit punggung karena mengangkat barang

KOMPAS.com - Nyeri di punggung bawah (lumbago) sangat umum terjadi, meskipun bisa dirasakan juga di mana saja di sepanjang tulang belakang, dari leher hingga pinggul.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit di punggung tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius dan biasanya akan membaik seiring waktu.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankannya. Tapi terkadang rasa sakit itu bisa bertahan lama atau terus kembali.

Baca juga: 10 Penyebab Sakit Punggung Atas dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi sakit punggung

Ada banyak cara yang dapat dicoba untuk membantu mengurangi sakit punggung dan mempercepat pemulihannya.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Tidur lebih baik

Saat Anda mengalami sakit punggung, tidur bisa jadi sulit. Ini bisa menjadi lingkaran setan karena ketika Anda tidak cukup tidur, sakit punggung Anda mungkin akan terasa lebih buruk.

Posisi tidur yang buruk juga bisa memperparah sakit punggung.

Melansir WebMD, untuk mengatasi sakit punggung ini, cobalah tidur dengan berbaring miring.

Letakkan bantal di antara kedua lutut Anda untuk menjaga tulang belakang Anda dalam posisi netral dan mengurangi ketegangan pada punggung Anda.

Halaman:

Sumber WebMD,NHS
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X