Kompas.com - 11/07/2021, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Menopause dini adalah masalah kesehatan yang tidak bisa diobati sehingga acapkali jadi momok bagi sejumlah wanita.

Perlu diketahui, menopause dini adalah kondisi saat wanita berhenti berovulasi dan tidak haid lagi sebelum usianya 40 tahun.

Kebanyakan wanita dengan kondisi normal mengalami mati haid atau menopause di usia 40 tahunan atau 50 tahunan.

Baca juga: 17 Gejala Menopause Dini, Wanita Perlu Tahu

Menopause dini dapat dialami wanita usia produktif yang baru berusia 20 tahunan atau 30 tahunan.

Mati haid sebelum waktunya sebenarnya bisa dikenali tandanya. Gejala menopause dini di antaranya siklus haid kerap tidak teratur, hot flashes atau badan tiba-tiba terasa panas, vagina kering, atau perubahan suasana hati.

Berikut beberapa cara mencegah menopause dini yang perlu dilakukan para wanita:

1. Kenali dan kontrol sejumlah faktor risikonya

Penyebab menopauses dini bisa berasal dari banyak faktor. Melansir Better Health, kondisi ini bisa disebabkan gaya hidup tidak sehat, penyakit autoimun, infeksi, kemoterapi, sampai faktor keturunan.

Terlepas dari beberapa hal yang tidak dapat dikendalikan seperti faktor keturunan, menopause dini terkait gaya hidup tidak sehat dan masalah hormon sebenarnya bisa diantisipasi.

Untuk mengetahui faktor genetik dari riwayat keluarga, coba tanyakan kepada ibu, nenek, atau saudara yang sepuh kapan mereka menopause. 

Beberapa faktor lain seperti kegemukan, merokok, berat badan tidak ideal sebenarnya dapat dikontrol, sehingga menopause dini bisa dicegah.

Baca juga: 6 Penyebab Vagina Kering, Tak Selalu Terkait Menopause

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.