Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2021, 06:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Selain menyegarkan, air kelapa memang dikenal punya banyak manfaat kesehatan.

Ini memang bukan hal mustahil karena banyak penelitian membuktikan bahwa air kelapa mengandung unsur makro dan mikro yang cukup lengkap.

Air kelapa mengandung karbohidrat dan protein, juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh di antaranya Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Zat Besi,
Fosfor dan Sulfur.

Kandungan mineral yang kaya ini membuat air kelapa sudah sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sejak lama. Jika diteliti lagi, di dalam air kelapa juga terkandung berbagai vitamin.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air Kelapa Bantu Tangkal Covid-19?

Manfaat Air Kelapa

Riset yang dilakukan Manisha DebMandal dari KPC Medical College and Hospital, Kolkata India dan Shyamapada Mandal dari Department of Zoology, Gurudas College Kolkata India menemukan bahwa air kelapa mempercepat penyerapan obat dan mempermudah obat itu mencapai tingkat konsentrasi puncak dalam darah.

Manfaat tersebut terjadi karena efek elektrolit yang dimilikinya. Riset dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, juga menyebutkan bahwa air kelapa memiliki kandungan asam amino bebas, L-arginine.

Semua zat tersebut dapat mengurangi radikal bebas, dan mengandung vitamin C yang mengurangi peroksidasi lipid.

Selain itu, air kelapa memiliki efek cardioprotective pada myocardial infarction karena kaya akan ion mineral, terutama potassium.

Mendukung manfaat air kelapa untuk kesehatan, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah juga berkata bahwa kandungan macronutrient dan
micronutrient memang sangat besar.

Secara macronutrient, maka sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat. Sekitar 94 persen kelapa isinya air, 5 persen karbohidrat terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Jika kita amati micronutrient-nya, kandungan yang menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai Folat.

"Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara
keseluruhan," ucap dr. Juwalita.

Sistem imunitas tubuh manusia memang sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernafasan, bulu-bulu getar di saluran pernafasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit.

Baca juga: Mengenal Gejala Covid-19 Pada Anak-Anak

Jika melihat perannya, menurut dr Juwalita, vitamin B6 ini perannya besar sekali di dalam sistem imun.

Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan
vitamin B.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com