Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 11/09/2021, 17:00 WIB
Galih Pangestu Jati

Penulis

KOMPAS.com Kanker payudara adalah kanker yang paling banyak menyerang wanita.

Tidak hanya itu, kanker ini juga terjadi pada pria, meskipun kanker payudara pria menyumbang kurang dari 1 persen dari semua kasus kanker payudara.

Merangkum dari Healthline, kerusakan DNA dan mutasi genetik dapat menyebabkan penyakit ini.

Mewarisi gen tertentu, seperti BRCA1 dan BRCA2, juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini.

Namun, gaya hidup juga memainkan peran penting, dengan penelitian yang menghubungkan mabuk berat, merokok, paparan estrogen, dan pola diet tertentu dengan meningkatkan risiko kanker payudara.

Baca juga: 7 Penyebab Kanker Limfoma, Bisa dari Infeksi sampai Implan Payudara

Namun, ada juga beberapa makanan yang dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Beberapa penelitian melihat bahwa diet Mediterania dapat menurunkan risiko kanker payudara dan melindungi wanita dari penyakit ini.

Selain itu, ada beberapa makanan lain yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara, berikut daftarnya.

1. Sayuran berdaun hijau

Kale, arugula, bayam, sawi, dan lobak hanyalah beberapa dari sayuran berdaun hijau yang mungkin memiliki sifat antikanker.

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah analisis dari 8 penelitian terhadap lebih dari 7.000 orang menemukan bahwa wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko kanker payudara yang berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan wanita dengan tingkat karotenoid yang lebih rendah.

Demikian juga, sebuah studi lanjutan pada lebih dari 32.000 wanita mengaitkan kadar total karotenoid dalam darah yang lebih tinggi dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 18-28 persen.

Selain itu, hal ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kekambuhan dan kematian pada mereka yang sudah menderita kanker payudara.

Terlebih lagi, penelitian mengungkapkan bahwa asupan folat yang tinggi, vitamin B yang terkonsentrasi pada sayuran berdaun hijau, dapat melindungi terhadap kanker payudara.

2. Buah jeruk

Buah jeruk penuh dengan senyawa yang dapat melindungi terhadap kanker payudara, termasuk folat, vitamin C, dan karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten, ditambah antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com