Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon ibu, hamil anak kembar umumnya terasa berbeda dengan hamil satu janin di dalam kandungan.

Beberapa perubahan fisik bisa menandakan bahwa seorang ibu bakal melahirkan anak kembar.

Tanda hamil anak kembar ini kemungkinan muncul di minggu-minggu awal kehamilan. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 3 Cara Program Hamil Anak Kembar, dengan Terapi Kesuburan atau Alami

Ciri-ciri hamil anak kembar

Melansir Healthline, ada beberapa ciri-ciri hamil anak kembar yang biasanya dirasakan sejumlah wanita, antara lain:

  • Mual parah atau berkepanjangan

Ibu hamil anak kembar jamak merasakan mual yang lebih parah (tak hanya di pagi hari), atau mual melewati trimester awal kehamilan. Tanda-tanda kehamilan ini biasanya muncul di minggu keempat kehamilan. Penyebabnya karena hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (HCG) meningkat.

  • Badan rasanya sangat lelah

Ibu hamil anak kembar umumnya juga merasa sangat lelah, meskipun sudah banyak istirahat. Kondisi ini dipengaruhi peningkatkan kadar hormon kehamilan, susah tidur, dan sering kencing yang biasanya muncul di awal kehamilan.

  • Ada detak jantung kedua

Detak jantung janin di dalam kandungan bisa didengar sejak usia kehamilan delapan sampai sepuluh minggu. Pada hamil anak kembar, lewat pemeriksaan dokter biasanya bisa didengar detak jantung janin tidak tunggal.

Baca juga: Bak Kisah Nadya dan Nabila, Bayi Kembar Berisiko Besar Lahir Prematur

  • Ukuran lingkar perut lebih besar

Ukuran lingkar perut ibu hamil anak kembar biasanya juga lebih besar ketimbang ibu dengan satu janin di dalam kandungan. Pengukuran ini biasanya dilakukan setelah usia kehamilan menginjak 20 minggu.

  • Berat badan naik lebih cepat

Selain ukuran lingkar perut lebih besar, tanda-tanda hamil bayi kembar lainnya yakni kenaikan berat badan relatif cepat sejak awal kehamilan. Biasanya, ibu hamil naik tak lebih dari dua kilogram per bulan di awal kehamilan.

  • Pergerakan janin sudah terasa sebelum trimester kedua

Kebanyakan ibu hamil mulai merasakan pergerakan janin di dalam kandungannya pada trimester kedua kehamilan. Ibu hamil anak kembar kemungkinan merasakan gerakan ini sedikit lebih cepat.

Baca juga: 7 Faktor yang Dapat Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

Cara mendeteksi hamil anak kembar

Kendati ada beberapa ciri-ciri hamil anak kembar, tapi untuk memastikan kondisi ini pasangan perlu memastikannya dengan pemeriksaan kesehatan.

Melansir BabyCentre, salah satu tes untuk mengetahui ibu hamil anak kembar di awal kehamilan yakni dengan tes darah untuk melihat kadar hormon kehamilan HCG.

Studi menyebutkan, ibu hamil anak kembar memiliki kadar HCG lebih tinggi dibandingkan ibu hamil dengan janin tunggal di dalam kandungan.

Selain tes darah, cara mengetahui ibu hamil anak kembar atau tidak yakni dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Sonogram bisa memperlihatkan dengan pasti jumlah janin di dalam kandungan ibu hamil.

Baca juga: 5 Vitamin untuk Program Hamil yang Baik Dikonsumsi Calon Bumil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com