Kompas.com - 13/11/2021, 05:00 WIB

KOMPAS.com - Demam tifoid bisa menyebar melalui makanan. Hal ini tentu membahayakan para pecinta kuliner. Memang tak ada yang salah dengan hobi makan.

Kumpulan orang yang gemar mencicipi beragam sajian atau yang kerap disebut sebagai pencinta kuliner itu bisa datang dari segala usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Para pencinta kuliner sering kali memperlihatkan keinginan menggebu-gebu demi mendapatkan makanan yang disukai.

Entah dengan mengolah bahan makanan sendiri, datang langsung ke restoran favorit, atau memilih untuk memesan via aplikasi daring, semuanya sah-sah saja dilakukan oleh si dia yang gemar makan.

Namun, pencinta kuliner harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Jika tidak ingin ada bahaya kesehatan yang mengintai, sebaiknya mulai perhatikan kebersihan diri dan kebersihan hidangan yang akan disantap.

Pasalnya, ada penyakit bernama demam tifoid yang bisa menyebar dari makanan.

"Ketika kita akan menyantap makanan, kan sudah semangat nih ya. 'Aduh akhirnya tercapai juga impiannya untuk mencicipi makanan ini yang katanya lagi ngetren'," ucap dr Suzy Maria Sp.PD, K-AI di acara Peluncuran Kampanye #SantapAman oleh Sanofi Pasteur.

"Nah, sebenarnya kalau dia mengetahui bahwa makanan tersebut ada potensi membawa penyakit, pasti dia juga ada satu sisi penasaran pengin coba makan, satu sisi khawatir," tambah dia.

Menurutnya, demam tifoid bisa datang kepada semua orang, mulai dari anak hingga orang dewasa.

"Penyakit tifoid itu kita sebut food borne diseases. Jadi salah satu penyakit yang bisa ditularkan lewat makanan. Nah, penyakit demam tifoid ini, dia ada kuman bakteri salmonela typhi akan diinfeksi melalui saluran cerna kita," jelas Suzy dalam acara via daring yang diselenggarakan pada Kamis (11/11/2021).

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.