Kompas.com - 26/12/2021, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Salah satu kondisi yang kerap dikhawatirkan para orangtua adalah bibir kering pada bayi.

Bayi yang baru lahir kulitnya biasanya lebih kering dan bibirnya pecah-pecah karena tubuhnya masih menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim ibunya.

Kondisi ini biasanya normal. Di luar masalah kesehatan tertentu, beberapa perawatan rumahan dapat membantu melembapkan bibir kering pada bayi.

Baca juga: Bibir Bayi Hitam, Kenali Penyebab dan Kapan Perlu Waspada

Cara mengatasi bibir kering pada bayi

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi bibir kering pada bayi. Melansir Medical News Today, berikut beberapa di antaranya:

  • Oleskan krim lanolin

Ibu menyusui barangkali sudah akrab dengan krim lanolin untuk membantu mengatasi puting pecah-pecah. Krim ini juga dapat membantu mengatasi bibir kering pada bayi.

  • Oleskan ASI di bibir bayi

ASI mengandung antibodi yang dapat melawan penyakit. Pada hari-hari pertama setelah bayi dilahirkan, ASI mengandung kolostrum yang dapat melindungi bayi dari infeksi bakteri dan virus.

Tak hanya mencegah infeksi, mengoleskan beberapa tetes ASI ke bibir bayi juga bisa membantu melembapkan bibir bayi yang kering.

Baca juga: Sepsis pada Bayi, Kenali Gejala dan Penyebabnya

  • Oleskan minyak alami

Minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembapan bibir bayi. Oleskan minyak alami ini sebelum bayi tidur di malam hari.

  • Gunakan pelembap ruangan

Jaga kelembapan udara di tempat tidur bayi dengan alat pelembap ruangan. Alat ini dapat membantu menjaga kulit dan bibir bayi tetap lembap.

  • Berikan ASI sesuai kebutuhan bayi

Bayi yang baru lahir rawan mengalami dehidrasi apabila kurang asupan ASI. Ketika kekurangan cairan, kulit bibir bayi jadi pecah-pecah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.