Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2022, 22:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pasangan yang berhubungan seks pernah merasakan “kecelakaan” kondom tertinggal di dalam vagina.

Kondisi ini kemungkinan terjadi karena kondom terlalu besar, kondom kekecilan, atau pasangan tidak berhati-hati saat melepas kondom setelah ejakulasi.

Untuk mengenal salah satu masalah yang tak terhindarkan ketika berhubungan seks ini, kenali bahaya kondom tertinggal di dalam vagina, cara mengatasinya, sampai cara mencegahnya.

Baca juga: 7 Penyebab Mengapa Kondom Bocor yang Kerap Disepelekan

Bahaya kondom tertinggal di dalam vagina

Melansir Kid’sHealth, kondom tertinggal di dalam vagina dapat meningkatkan risiko terkena infeksi menular seksual dan kehamilan yang tidak direncanakan.

Seperti diketahui, kondom adalah salah satu alat kontrasepsi untuk mengontrol kehamilan dan mencegah penularan penyakit menular seksual.

Jadi, ketika kondom terlepas dari penis dan tertinggal di dalam vagina, fungsi perlindungan alat kontrasepsi ini hilang.

Baca juga: Kondom Bocor, Apa yang Harus Dilakukan?

Kondom tertinggal, apa yang harus dilakukan?

Apabila terjadi kecelakaan kondom terlepas dan tertinggal di dalam vagina ketika berhubungan seks, ada sejumlah hal yang perlu Anda lakukan.

Melansir Planned Parenthood, cara mengatasi kondom tertinggal di dalam vagina yakni pertama-tama dengan mencari posisi yang nyaman dan rileks. Wanita bisa berdiri di kamar mandi atau berbaring di tempat tidur.

Ketika sudah menemukan posisi yang nyaman, tarik napas beberapa kali agar vagina tidak tegang.

Setelah itu, coba cari bagian ujung kondom yang paling dekat dari vagina dengan jari yang sudah dibersihkan. Setelah ketemu, baru tarik kondom ke arah luar vagina perlahan-lahan.

Jika Anda merasa kesulitan mengeluarkan kondom yang tertinggal di dalam vagina, coba ke pusat layanan terdekat agar bisa segera diberikan bantuan mengeluarkannya.

Kemudian, diskusikan dengan dokter atau bidan terkait penggunaan alat kontrasepsi darurat untut mencegah kehamilan.

Apabila Anda tidak yakin dengan status kesehatan seksual pasangan, lakukan pemeriksaan infeksi menular seksual bersama pasangan.

Baca juga: 3 Alasan Kondom Bekas Sudah Dicuci Tetap Tak Boleh Dipakai Lagi

Cara mencegah kondom tertinggal di dalam vagina

Kondom rawan terlepas dan tertinggal di dalam vagina ketika berhubungan seks jika ukurannya tidak tepat atau pemasangannya tidak benar.

  • Untuk meminimalkan bahaya kondom tertinggal di dalam vagina, pastikan pasangan memilih ukuran dan jenis kondom paling nyaman dan pas untuk digunakan.
  • Saat menggunakan kondom, pastikan alat kontrasepsi ini memuat seluruh bagian penis yang ereksi, bukan hanya sebagian saja.

Selain itu, menarik penis setelah ejakulasi juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, cabut penis ketika penis masih agak keras. Serta, pegang kondom di sekitar pangkal penis agar tidak gampang terlepas.

Baca juga: KB Kondom, Seberapa Efektif Pakai Kondom untuk Mencegah Kehamilan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com