Kompas.com - 09/01/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah berolahraga kita membutuhkan cairan pengganti yang hilang karena itu hindari makanan dan minuman yang justru menjadi penyebab dehidrasi.

Mengutip UOFM Kesehatan, kebanyakan orang akan kehilangan cairan tubuh sebanyak 1-2 liter setelah berolahraga selama 1 jam.

Jika tidak menggantikan cairan yang hilang dan justru mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab dehidrasi, akibatnya tubuh berisiko mengalami sindrom ketahanan pasca-ekstrim (PEES).

Gejala PEES meliputi penurunan suhu tubuh, mual, muntah, diare, pusing, sakit kepala, kram otot, dan ketidakmampuan untuk minum cairan.

Baca juga: 10 Makanan yang Bikin Kulit Rusak

Apa saja makanan dan minuman yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, sehingga perlu dihindari setelah berolahraga? Berikut daftarnya:

1. Soda

Minum soda mungkin terlihat menyegarkan, tetapi tidak berfungsi untuk memggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga, seperti yang dikutip dari Eat This.

Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil, seperti beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Menurut penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa soda mengandung gula yang tinggi dan gula dapat memiliki efek hipernatremik pada tubuh.

Hipernatremik adalah konsentrasi natrium yang tinggi dalam darah. Kondis ini paling sering terjadi pada orang yang kurang minum air.

Selain itu, kafein dalam soda bertindak sebagai diuretik ringan dan menyebabkan kita lebih sering buang air kecil.

Sebuah studi dari PLOS One menunjukkan bahwa minum minuman berkarbonasi dingin dapat memberi kita kesan yang salah bahwa itu menghidrasi, padahal penyebab dehidrasi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.