Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Obat Batuk Kering Alami yang Ampuh ala Rumahan

Kompas.com - 29/01/2022, 19:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir dari saluran pernapasan.

Biasanya, jenis batuk tidak berdahak ini dapat bertahan lama sampai hitungan minggu.

Batuk kering bisa sangat mengganggu dan tak jarang menyebabkan anak rewel.

Berikut beberapa obat batuk kering alami yang ampuh dan mudah dijajal di rumah.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Obat batuk kering alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat batuk kering di rumah, antara lain:

  • Menthol

Melansir Healthline, obat batuk tradisional berbasis menthol dapat mendinginkan tenggorokan yang meradang, menenangkan tenggorokan yang teriritasi, dan melemaskan refleks batuk.

  • Madu

Orang dewasa dan anak di atas satu tahun dapat minum madu sebagai obat batuk kering alami. Kandungan zat antibakteri dan antiperadangan dalam bahan alami ini bisa menenangkan tenggorokan yang sedang iritasi.

  • Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang potensial sebagai bahan anti-peradangan, antivirus, dan antibakteri alami. Tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk dan sejumput lada hitam ke dalam secangkir minuman hangat.

  • Jahe

Selain kunyit, jahe juga mengandung zat antibakteri dan antiperadangan alami. Cukup seduh beberapa ruas jahe ke dalam air hangat. Tambahkan madu agar wedang jahe lebih nikmat dan ampuh untuk obat batuk kering.

Baca juga: 5 Obat Batuk Anak Alami yang Aman dan Praktis

  • Permen peppermint

Kandungan mentol dalam permen peppermint bisa membantu meredakan rasa sakit tenggorokan dan mengurangi keinginan untuk batuk. Isap permen pelega tenggorokan yang mengandung peppermint saat batuk kambuh.

  • Minyak kayu putih

Aromaterapi dengan minyak kayu putih juga bisa membantu menenangkan batuk kering. Tambahkan kayu putih ke dalam difuser. Atau oleskan minyak kayu putih agar pernapasan lebih lega, terutama di malam hari.

  • Larutan air garam

Berkumur dengan larutan air garam bisa membantu meringankan ketidaknyamanan dan iritasi karena batuk kering. Caranya cukup mudah. Kumurlah dengan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam.

  • Uap hangat

Melansir Medical News Today, menghirup uap hangat juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk batuk kering. Anda bisa mandi dengan panas dengan pancuran dan menghirup uapnya perlahan, atau terapi uap dari mangkuk berisi air panas.

Baca juga: 10 Obat Batuk Berdahak Alami ala Rumahan

  • Jus nanas

Nanas mengandung bromelain yang dapat membantu mengobati batuk secara alami. Jika Anda tidak alergi nanas, coba konsumsi jus nanas saat batuk. Sertakan bagian inti buah nanas yang paling banyak bromelainnya.

  • Thyme

Selain bisa menambah cita rasa masakan, rempah thyme juga dapat digunakan menjadi obat batuk kering alami. Caranya, seduh dua sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas. Minum selagi hangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com