Kompas.com - 02/02/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Ancaman gelombang ketiga Covid-19 perlu diwaspadai, mengingat lonjakan kasus penularan Covid-19 yang naik signifikan dalam rentang waktu kurang dari dua minggu terakhir.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 per Selasa (1/2/2022), terdapat 16.021 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Kenaikan kasus harian ini pantang disepelekan lantaran penularan virus corona SAR-CoV-2 varian Omicron lebih menular dibandingkan varian sebelumnya.

Baca juga: Kemenkes Tegaskan Indonesia Belum Masuki Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19

Perlu diketahui, puncak kasus harian saat penularan Covid-19 varian Delta tahun lalu mencapai 56.000.

Kementerian Kesehatan memperkirakan, puncak kasus harian Covid-19 varian Omicron berpotensi melesat tiga hingga empat kali lebih besar dari puncak kasus harian saat penularan varian Delta.

“Kemungkinan bisa sampai tiga hingga empat kali kalau kita tidak disiplin protokol kesehatan, testing dan tracing masif, dan percepatan vaksiansi," kata Siti Nadia Tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (1/2/2022).

Menurut Nadia, pemerintah hingga kini belum dapat memastikan apakah Indonesia telah masuk gelombang ketiga pandemi Covid-19 atau belum.

Namun, menurutnya potensi gelombang ketiga Covid-19 kemungkinan bisa terjadi jika melihat peningkatkan kasus harian Covid-19 selama beberapa hari terakhir.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit menular ini, kenali beberapa gejala ketika terinfeksi Omicron.

Baca juga: Gejala Omicron Utamanya Batuk dan Pilek, Apa Bedanya dengan Flu?

Gejala Omicron yang perlu diwaspadai

Pada puncak pandemi Covid-19 tahun lalu, banyak penderita merasakan gejala Covid-19 yang khas yakni demam, hidung tidak bisa mencium bau (anosmia), lidah mengalami perubahan rasa (parosmia), dan sakit perut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.