Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penularan Covid-19 Tinggi, Kenali Ciri-ciri Gejala Omicron pada Anak

Kompas.com - 10/02/2022, 19:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penularan Covid-19 pada anak selama setengah bulan pada akhir Januari hingga awal Februari 2022 tercatat melonjak hingga 10 kali lipat.

Hal itu tak lepas dari penyebaran virus corona SARS-CoV-2 varian Omicron yang lebih mudah menular ketimbang varian lainnya.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) menyebutkan, kenaikan kasus Covid-19 sejak pekan keempat Januari 2022 tercatat naik sampai 1.000 persen hingga pekan pertama Februari 2022.

Baca juga: Kenali Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Omicron dan Delta

Pada 24 Januari 2022, tercatat ada 676 anak positif Covid-19. Temuan kasus tersebut terus menanjak. Pada 31 Januari 2022, dilaporkan ada 2.775 anak positif Covid-19. Pada 7 Februari 2022, terdapat 7.190 anak positif Covid-19.

“Kalau dibandingkan Januari, kenaikannya sudah lebih dari 1.000 persen. Kalau dari pekan kemarin naik 300 persen," kata Piprim, di sela-sela Launching Buku Pedoman Tatalaksana Covid-19 Edisi 4, Rabu (9/2/2022).

Piprim mewanti-wanti agar masyarakat dan para orangtua tidak menyepelekan masalah kesehatan ini. Terlebih, saat ini Indonesia tengah memasuki gelombang ketiga pandemi Covid-19.

"Ingat ya, anak-anak itu bisa terkena Covid-19. Jadi, jangan berpikir hanya orang dewasa yang berisiko. Anak-anak juga sama risikonya," kata Piprim.

Baca juga: Gelombang Ketiga Covid-19 di Depan Mata, Kenali 4 Gejala Omicron

Ciri-ciri gejala Omicron pada anak

Ciri-ciri gejala Omicron pada anak relatif mirip dengan flu karena biang penyakit ini menyerang saluran pernapasan atas.

Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) menyebutkan, gejala anak terinfeksi virus corona varian Omicron yang kerap dilaporkan, antara lain:

  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Badan demam

“Kalau ketemu anak batuk, pilek, anget (panas badan), waspada tertular varian (Omicron) ini," jelas Piprim.

Ia menyarankan para orangtua yang anaknya positif Covid-19 jangan panik. Para orangtua disarankan untuk melakukan layanan telekonsultasi sembari memantau tanda bahaya yang dialami anak.

Selain itu, Piprim juga meminta orangtua tidak sembarangan memberikan obat saat anak positif Covid-19.

“Obat (terapi) Covid-19 hanya diberikan oleh dokter. Obat hanya diberikan pada yang bergejala sedang dan berat atau kalaupun gejala ringan disertai dengan komorbid," ucap dia.

Baca juga: Gejala Omicron Utamanya Batuk dan Pilek, Apa Bedanya dengan Flu?

Lindungi anak dari Covid-19

Untuk melindungi anak dari Covid-19, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) menyarankan para orangtua tidak membawa anak ke keramaian di tengah lonjakan kasus Covid-19, terutama varian Omicron yang gampang menular.

“Saat ini sangat tidak disarankan membawa anak ke keramaian, ke mal, pusat perbelanjaan, nonton bioskop apalagi, yang kemudian berada dalam lingkungan dengan ventilasi yang tertutup," kata Piprim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com