Kompas.com - 06/03/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Ciri-ciri obesitas salah satunya dapat dikenali dengan status IMT (indeks massa tubuh) di atas normal.

Perlu diketahui, obesitas adalah kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penumpukan jaringan lemak tubuh yang berlebihan.

Penyebab obesitas utamanya karena asupan yang masuk ke tubuh sebagai sumber energi tidak sebanding dengan banyaknya energi yang dikeluarkan dari tubuh.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Indeks Massa Tubuh

Ketika tubuh kelebihan energi, sisa energi yang tidak digunakan ini menumpuk di dalam tubuh dalam bentuk jaringan lemak.

Dampak obesitas apabila tidak diantisipasi potensial menyebabkan komplikasi serius, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, sampai penyakit jantung.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali indeks massa tubuh terkait obesitas.

IMT (indeks massa tubuh) ciri-ciri obesitas

Menurut Kementerian Kesehatan, ambang batas indeks massa tubuh (IMT) normal untuk masyarakat Indonesia berada di kisaran 18,5—25.

Seseorang dianggap memiliki obesitas ringan apabila memiliki IMT antara 25,1—27 dan obesitas berat apabila memiliki IMT di atas 27.

IMT dapat diketahui dengan menghitung secara manual atau menggunakan kalkulator indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) yang banyak tersedia secara daring.

Baca juga: 5 Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Cara menghitung IMT

Cara menghitung IMT menggunakan rumus berat badan seseorang dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter (kg/m2).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.