Kompas.com - 29/04/2022, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hari silam, Johnny Depp menuntut mantan istrinya, Amber Heard, atas pencemaran nama baik. Dalam sidang tersebut, Amber mengaku bahwa dirinya telah dianiaya selama menikah dengan Johnny Depp.

Sebagai pembelaan, Depp turut menguak bahwa Amber-lah yang kerap kali melakukan kekerasan fisik setiap pertengkaran terjadi.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Kekerasan Emosional Juga Berdampak Serius

Kasus yang dipertontonkan di seluruh dunia ini lantaran menjadi perbincangan warganet. Warganet kerap kali mengatakan bahwa kekerasan yang terjadi merupakan reactive abuse.

Namun, apakah sebenarnya arti dari reactive abuse?

Reactive abuse adalah

Menurut dr. Jordan Schaul, dokter ahli trauma, pada artikel Daily Dot (22/04/2022), “Reactive abuse atau kekerasan reaktif adalah respons alami terhadap provokasi."

"Orang pada umumnya melawan, melarikan diri, atau membeku dalam menanggapi bahaya. Ini dikenal sebagai respons stres,” kata Jordan.

Dalam kasus kekerasan reaktif, badan kita memilih untuk melawan.

Jordan melanjutkan bahwa pelaku kekerasan dalam rumah tangga dan pelaku lainnya dapat dengan sengaja menimbulkan reaksi dari korban atau target untuk mendiskreditkan mereka dan membenarkan perilaku mereka sendiri.

Hal ini merupakan bentuk dari gaslighting yang dapat menyebabkan jenis tekanan emosional berbahaya yang dikaitkan dengan trauma dan bisa lebih merugikan daripada kekerasan fisik yang tidak mematikan.

Pada dasarnya, taktik ini digunakan untuk membuat orang yang dilecehkan merasa seolah-olah mereka adalah pelaku kekerasan yang aktif sebagai lawan dari korban pelecehan.

Baca juga: Kekerasan oleh Anak: Bentuk, Penyebab, Dampak, dan Cara Menanggulangi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.