Kompas.com - 05/06/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Selain memantau asupan karbohidrat dan gula, penderita diabetes tipe 2 wajib mengetahui batasan konsumsi garam.

Pada penderita diabetes tipe 2 yang insulinnya sudah tidak bekerja, kelebihan konsumsi garam dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Untuk itu, Anda perlu membatasi garam yang ternyata punya manfaat dalam mencegah komplikasi diabetes.

Baca juga: Benarkah Penderita Diabetes Tak Boleh Makan Buah?

Batas aman konsumsi garam penderita diabetes tipe 2

The American Diabetes Association merekomendasikan penderita diabetes tipe 2 membatasi asupan natrium mereka maksimal 2.300 mg atau 1 sendok teh garam meja.

Sementara itu, dikutip dari Everyday Health, Lori Zanini dalam bukunya yang berjudul "Eat What You Love Diabetic Cookbook", merekomendasikan agar penderita diabetes tipe 2 hanya mengonsumsi 1500 mg garam per hari.

Berdasarkan sebuah penelian yang diterbitkan di jurnal Circulation, untuk membatasi asupan garam, seseorang harus mengurangi konsumsi makanan dari restoran, terutama fast food.

Pasalnya, 70 persen asupan natrium terdapat pada makanan yang disajikan di restoran.

"Saran terbaik adalah makan masakan rumah. Anda bisa mengatur kadar garam, karbohidrat, gula, sesuai kebutuhan tubuh dengan menyiapkan sendiri makanan Anda di rumah," ujar Lori Zanini.

Baca juga: Kapan Diabetes Bisa Memicu Penyakit Jantung?

Sumber garam yang harus dihindari

Selain batas aman penggunaan garam, penderita diabetes tipe 2 juga perlu mengetahui jenis makanan mengandung natrium yang tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes tipe 2, seperti:

  • Saus marinara

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu porsi saus marinara mengandung lebih dari 500 mg natrium.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.