Kompas.com - 06/06/2022, 14:00 WIB

Kompas.com - Kateter urine yang digunakan pasien di rumah sakit karena tidak bisa mengosongkan kandung kemih secara normal.

Kateter urine biasanya digunakan dalam prosedur medis seperti proses persalinan dan operasi caesar, pengosongan kandung kemih sebelum, saat, atau pasca operasi.

Kateter urine yang terbuat dari bahan plastik, lateks, silikon, atau logam, biasanya dipasang melalui saluran kencing (uretra), kemudian dikunci dengan menggembungkan balon di ujung kateter.

Pasien dapat langsung buang air kecil menggunakan selang kateter lalu air kencing akan ditampung di kantong urine.

Baca juga: Kenali Apa itu Kateter Urine, Fungsi, dan Jenisnya

Kateter bisa picu ISK

Pemakaian kateter memang bisa membantu seseorang untuk buar air kecil, namun risikonya bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih (ISK).

ISK karena kateter bisa diderita pasien saat alat tersebut masih digunakan, terutama dalam jangka waktu lama. Hal itu karena bakteri atau jamur dapat masuk ke saluran kemih melalui alat bantu kencing tersebut.

Bakteri atau jamur yang masuk lewat kateter dapat berkembangbiak dan menyebabkan infeksi saluran kemih terkait kateter atau disebut CAUTI.

Parahnya, bakteri dari tinja yaitu Escherichia coli juga bisa masuk ke saluran kencing karena selang kateter.

Dilansir dari Healthline, bakteri Escherichia coli dapat membuat ISK semakin parah karena bisa memengaruhi kinerja organ ginjal, kandung kemih, serta tabung yang menghubungkan keduanya.

Kondisi bisa semakin memburuk jika kateter dan alat-alat kesehatan lainnya tidak dibersihkan secara teratur dan benar.

Baca juga: Kenali Pemeriksaan Protein Urine untuk Melihat Fungsi Ginjal

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.